Penggunaan Strategi Pembelajaran Numbered Head Together Dalam Meningkatan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII SMA Negeri 1 Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah

Latuconsina, Baiguru (2021) Penggunaan Strategi Pembelajaran Numbered Head Together Dalam Meningkatan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII SMA Negeri 1 Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya guru yang menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi sehingga mengakibatkan siswa merasa bosan ketika belajar dan mengurangi minat siswa untuk mengikuti pelajaran yang berdampak pada prestasi siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimana aktivitas guru pada pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi Numbered Heads Together di kelas VIII SMA Negeri I Pulau haruku kabupaten Maluku tengah? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMA Negeri 1 pulau haruku kabupaten maluku tengah dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together? (3) Bagaimana respon siswa saat belajar PAI dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas VIII SMA Negeri 1 pulau haruku kabupaten maluku tengah? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Aktivitas guru meningkat 30% , pada siklus I 60,75% menjadi 90,75% pada siklus II, aktivitas siswa meningkat 22,88%, pada siklus I 65,62% menjadi 88,5% pada siklus II, (2) Prestasi siswa meningkat dari siklus I 33,33% menjadi 88,5% pada siklus II. (3) Respon siswa yang menyatakan sangat setuju adalah 19,25%, setuju 55,23% , tidak setuju 20% dan sangat tidak setuju 5,23% terhadap penggunaan strategi pembelajaran NHT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi Numbered Heads Together dalam pembelajaran mampu meningkatkan prestasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Djamila Lasaiba, M.A / Nurlaila Sopamena, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi NHT, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Nov 2021 05:45
Last Modified: 17 Nov 2021 05:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1669

Actions (login required)

View Item View Item