Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah Melati

Banauwe, Wa Ama (2021) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Muhammadiyah Melati. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Guru yang profesional tidak hanya sebagai pendidik dan pengajar juga berperan sebagai motivator bagi siswanya. Tugas dan tanggung jawab guru sebagai pendidik adalah membantu dan mendidik siswa untuk mencapai kedewasaan seluruh ranah kejiwaan. Oleh karena itu dibutuhkan banyak tenaga-tenaga profesional untuk melakukan transfer ilmu agama yang bersifat teori maupun praktik dalam proses pepbelajaran formal. khusus dan kemampuan dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan kemampuan maksimal) dalam mengajar, sehingga diharapkan mampu menungkatkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Pendidikan agama di maksud untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepadaTuhanYang Maha Esa dan berakhlak mulia yang mencakup etika, budi pekerti dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama islam. Berangkat dari latar belakang diatas, maka peneliti tertarik untuk meneliti dalam bentuk skripsi dengan judul : Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah Melati. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah profesionalisme guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat profesionalisme guru dalam meningkatkan motivasi siswa di SMP Muhammadiyah Melati. Tipe penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi suswa dan mengembangkan materi secara kreatif (2) Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VII adalah dengan, memberikan tugas, memberi nilai dan memberi pujian kepada siswa, menunjukkan semangat dalam mengajar, mengontrol atau memperhatikan peseta didik dan menggunakan metode yang bervariasi saat mengajar (3) Adapun hasil upaya guru PAI dalam memotivasi belajar kelas VII di SMP Muhammadiyah Melati dengan memberikan pujian, nilai, tugas, menunjukkan semangat dalam mengajar dan memberikan dorongan kepada siswa untuk bekerjasama dengan temannya apabila mengalami kesulitan dalam belajar. Sehingga motivasi tersebut berdampak pada bersemangatnya siswa dalam belajar, seperti mencatat hal-hal penting yang dijelaskan guru, siswa aktif dalam menanyakan materi yang belum dipahami dan siswa sangat antusias saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Nursaid, M.Ag / Eko Wahyunanto Pritono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Frofesional Guru, Motivasi Siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 17 Nov 2021 05:54
Last Modified: 17 Nov 2021 05:54
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item View Item