-, Diati (2021) Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik SMA Negeri 13 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I,III,V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kehadiran video game di tengah-tengah laju teknologi telah membawa pengaruh besar terhadap perkembangan pribadi dan adaptasi remaja, bahkan tidak sedikit remaja yang berubah menjadi pecandu game sehingga lupa pada jati diri mereka yang sesungguhnya. Situasi seperti ini memiliki masalah terhadap dinamika kehidupan manusia terutama remaja. Seseorang yang kecanduan game, akan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai keberhasilan dalam bermain game sejauh mungkin yang bisa mereka dapatkan. Guru Pendidikan agama Islam yang tidak hanya menjadikan anak pandai, cerdas dan berwawasan, melainkan harus memenuhi kemampuan dan keterampilan yang dapat digunakan untuk membantu peserta didik mengenali potensi dirinya. Berdasarkan penelitian sementara yang telah di lakukan oleh penulis kepada para peserta didik yang ada di sekolah SMA Negeri 13 Ambon menunjukkan bahwa game online secara tidak langsung membentuk perilaku para peserta didik di sekolah SMA Negeri 13 Ambon menjadi kurang memperhatikan pendidikan yang menjadi prioritas utama mereka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi peserta didik SMA Negeri 13 Ambon yang kecanduan game online dan mengetahui faktor faktor apa saja yang menyebabkan peserta didik SMA Negeri 13 Ambon kecanduan game online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan upaya yang dilakukan guru mata pelajaran PAI adalah dengan memberikan himbauan kepada peserta didik agar selalu sekolah tepat waktu, mengumpulkan tugas dan tidak membolos sekolah daring. Memberi nasehat agar tidak menghabiskan waktu percuma untuk bermain, menghargai guru pada saat sekolah daring dengan tidak mematikan kamera atau tidak memperhatikan guru saat menerankan materi hanya karena sibuk dengan hal lain. Guru PAI tidak hanya memberikan himbauan dan nasehat, mereka berkoordinasi langsung dengan orang tua peserta didik di rumah untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada peserta didik. Faktor-faktor yang mengakibatkan peserta didik kecanduan game online adalah faktor internal: dorongan dalam diri peserta didik untuk bermain game online, rasa jenuh atau bosan dan kurangnya self control dalam diri peserta didik. Faktor eksternal: lingkungan yang kurang terkontrol dan kurangnya perhatian dari orang terdekat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Djamila Lasaiba, M.A / Saddam Husein, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, Kecanduan Game Online |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 06:16 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 06:16 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1677 |
Actions (login required)
View Item |