Urgensi Buku Ajar Siswa Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Ambon

Syawal, Afriana (2021) Urgensi Buku Ajar Siswa Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Urgensi Buku Ajar Siswa Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Ambon menggunakan instrumen observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penkajian data dan kesimpulan data. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan terhitung mulai dari tanggal 26 Oktober sampai dengan 26 November 2020. Penelitian ini bertempat di MTs. Hasyim Asy’ari Ambon Jl. Puncak Wara Batu Merah Ambon Kode Pos 97128 Informal dalam penelitian ini terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 guru akidah akhlak, dan 6 orang peserta didik. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi buku ajar akidah akhlak dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di MTs. Hasyim Asy’ari Ambon, buku ajar merupakan salah satu sumber belajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Tanpa adanya buku ajar, kegiatan pembelajaran menjadi (tidak) efektif baik bagi guru maupun peserta didik. Masih banyak sekolah yang masih kekurangan buku ajar yang menyebabkan peserta didik belum bisa belajar secara efektif. Hal itu pula yang terjadi di MTs. Hasyim Asy’ari Ambon. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara masih banyak sekali buku ajar yang kurang di perpustakaan khusunya buku ajar akidah akhlak kelas VIII hanya terdapat 6 buah buku saja. Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat urgensi buku ajar akidah akhlak dalam meningkatkan pemahaman peserta didik di MTs. Hasyim Asy’ari Ambon yakni; a. faktor pendukung dalam meningkatkan pemahaman peserta didik yaitu adanya buku Ajar Siswa Akidah Akhlak, banyak belajar dan semangat dalam mengikuti pelajaran di kalas. b. faktor penghambat yaitu kurangnya membaca serta tidak perhatikan dan banyak bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abidin Wakano, M.Ag. / Nur Khozin M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 18 Nov 2021 06:32
Last Modified: 18 Nov 2021 06:32
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item