Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Taniwel Kecamatan Taniwel Barat Kabupaten Seram Bagian Barat

Assel, Rini (2020) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Taniwel Kecamatan Taniwel Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I,III,V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Taniwel Kecamatan Taniwel Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan pemhambat guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an di SMP Negeri 3 Taniwel Kecamatan Taniwel Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 10 Februari sampai dengan tanggal 25 Juli sampai dengan 25 Agustus 2019 penelitian ini bertempat di di SMP Negeri 3 Taniwel Kecamatan Taniwel Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Subjek penelitian adalah 2 orang yakni 1 orang kepala sekolah dan 1 guru PAI. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an SMP Negeri 3 Taniwel meliputi; a. Guru sebagai pengajar adalah seseorang yang pekerjaannya mengajar. Maka, dalam hal ini guru PAI memberi pelajaran atau memberi materi tentang membaca al-Qur’an pada peserta didik di kelas dengan cara dan perannya sebagai pengajar yang sebaik mungkin agar peserta didik mudah memahami apa yang disampaikan oleh guru PAI mengenai materi membaca al-Qur’an, b. Peran guru sebagai pelatih untuk menjadi seorang pelatih yang berhasil, maka guru PAI menjalankan perannya sebagai pelatih dengan kemampuannya yang profesional dalam meningkatkan pemahaman peserta didik melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan guru PAI berupa tugas-tugas yang dikerjakan di rumah maupun berupa evaluasi yang dilakukan sehabis belajar untuk melatih kemampuan peserta didik dalam peningkatan pemahaman terhadap membaca al-Qur’an, dan c. Guru sebagai teladan yang baik maka seorang guru harus memiliki kepribadian yang baik sehingga patut untuk dicontohkan oleh peserta didik. Perbuatan seorang guru sebagai teladan selalu menjadi sorotan utama kepada peserta didik karena selain guru sebagai teladan guru juga berperan sebagai pembimbing. Faktor pendukung pelaksanaan tugas atau peranan guru pendidikan agama islam adalah; 1) Sarana dan prasarana (media pembelajaran), 2) Kesadaran guru dalam melaksanakan tanggung jawab dan 3) Motivasi belajar peserta didik. Faktor penghambat yakni; 1) Kurangnya alokasi waktu dan 2) Kurangnya perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Samad Umarella, M.Pd / Dr. Yusuf Abd Rachman L. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran PAI, al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 19 Nov 2021 00:59
Last Modified: 19 Nov 2021 00:59
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item View Item