Efektifitas Pembinaan al-Qur’an Bagi Mahasiswa Yang Kesulitan Baca Tulis al-Qur’an Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon

Siadi, Fita Sari (2021) Efektifitas Pembinaan al-Qur’an Bagi Mahasiswa Yang Kesulitan Baca Tulis al-Qur’an Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektivan pembinaan baca tulis al-Qur’an bagi mahasiswa yang masih kesulitan baca tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Fokus penelitian ini pada Kesulitan membaca al-Qur’an sesuai dengan makharijul huruf, proses pembinaan al-Qur’an dan hasil pembinaan al-Qur’an. Mahasiswa yang diteliti adalah program Studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2018 peserta pembinaan kelas C yang berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Ambon. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni menggambarkan secara sistematis terhadap suatu gejala tertentu secara faktual dan akurat mengenai fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembinaan al-Qur’an bagi mahasiswa yang kesulitan baca tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon cukup efektiv, yang tidak efektiv adalah peserta pembinaan al-Qur’an yang tidak mengikuti pembinaan. Keefektivan tersebut dapat dilihat dari tahap proses pembinaan al-Qur’an yang diajarkan oleh ustadz dan ustazah yang di mana meraka melakukan pembinaan dengan cara memusatkan perhatian mahasiswa, melakukan pembinaan tepat waktu, mendahulukan yang sudah bisa, dan menyuruh mahasiswa untuk menirukan atau mengulangi apa yang telah diajarkan. Kemudian pengajar juga memberikan materi dengan jelas berdasarkan buku panduan yang dipegang mahasiswa selaku peserta pembinaan al-Qur’an. Pada tahap hasil, dapat dilihat dari adanya perubahan dalam diri mahasiswa selaku peserta pembinaan baca tulis al-Qur’an, dengan tercapainya tujuan tersebut pembinaan baca tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon sudah efektiv dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Adapun faktor pendukung pembinaan al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon diantaranya, pengajar pembinaan al-Qur’an, pengorganisasian materi dengan baik. Faktor penghambat pembinaan al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon diantaranya, sarana dan prasarana, minimnya motivasi mahasiswa untuk mengikuti pembinaan al-Qur’an, dan kurangnya pengontrolan dari staf-staf akademik kampus. Pembinaan baca tulis al-Qur’an yang diterapkan di ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon dengan tujuan untuk menciptakan mahasiswa yang tidak hanya unggul dalam bidang al-Qur’an melainkan juga bisa mengamalkannya kepada siapapun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Ummu Sai’da , M.Pd.I / Husni Suruali, M.Ag
Uncontrolled Keywords: al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 19 Nov 2021 01:28
Last Modified: 19 Nov 2021 01:28
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item