-, Salmawati (2021) Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Tentang Implementasi Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Waesala Kecamatan Wesala Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I,III,V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penilaian autentik (authentic assessment) adalah suatu proses pengumpulan, pelaporan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian, pelaksanaan berkelanjutan, bukti-bukti autentik, akurat, dan konsisten sebagai akuntabilitas publik. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SMA Negeri 4 Waesala Kecamatan Waesala Kabupaten Seram Bagian Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 23 September sampai 23 Oktober 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui 3 tahap yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menujukkan bahwa guru mata pelajaran PAI sudah memahami teori penilaian autentik pada aspek pengetahuan di Kurikulum 2013 dengan cukup baik. Dalam perencanaan Guru PAI sudah membuat dokumen RPP. Sedangkan dalam proses penerapan penilaian autentik belum dilaksanakan secara maksimal, karena guru belum memhami secara komprehensif terkait dengan penilaian autentik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | E.M. Dhuhani, M.Pd / Mokhsin Kaliky, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam, Penilaian Autentik |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 00:40 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 00:40 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1700 |
Actions (login required)
View Item |