Rumuar, Fitrianingsih (2021) Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMA di Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I,III,V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
MGMP PAI merupakan forum yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi profesional guru PAI. Karena kompetensi profesional guru PAI di Ambon masih rendah dikarenakan masih ada guru PAI yang belum bisa menguasai materi dengan baik, begitupun dengan metode dan media dalam pembelajaran. Dengan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peran apa yang dilakukan MGMP PAI dalam pengembangan kompetensi guru PAI pada SMA di kota Ambon dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan lebih di SMA Negeri 1 Ambon, SMA Negeri 2 Ambon, SMA Negeri 13 Ambon, SMA Negeri Siwalima Ambon, dan SMA Swasta Angkasa Pura, Laha Ambon mulai dari tanggal 29 November sampai 29 Desember 2019. Subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Pengurus MGMP, Ketua MGMP Kota Ambon, dan Ketua MGMP Provinsi. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran PAI dalam mengembangkan kompetensi professional guru telah dilaksanakan secara rutin. Pentingnya peran MGMP PAI ini karena peran setiap anggota adalah saling memberikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi guru PAI baik dari anggota yang muda maupun senior. Hal ini juga dapat mengurangi kesulitan-kesulitan guru dalam melaksanakan serta mengembangkan kompetensi diri dalam mengelola media, dan sumber informasi yang berkaitan dengan Teknologi Informasi (IT), serta memperluas penguasaan materi, yang menjadi indikator dalam kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh seorang guru PAI. Hal ini sesuai dengan tanggapan dari peserta didik yang dapat melihat perkembangan guru PAI pada setiap bulannya. Anggota yang hadir dalam pelaksanaan kegiatan rutin merupakan salah satu faktor pendukung berjalannya MGMP PAI. Meskipun kegiatan rutin masih tak berjalan sesuai dengan tujuannya dikarenakan kurangnya tutor dan pelatih ahli yang juga merupakan salah satu faktor penghambat berjalannya MGMP PAI. Namun demikian, harapan setiap anggota MGMP PAI adalah setiap guru PAI mau memahami bahwa kegiatan ini penting untuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki dan mau mengikuti kegiatan rutin MGMP PAI pada setiap bulannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Hj. St. Jumaeda, M.Pd.I / Nur Khozin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran MGMP PAI, Kompetensi Profesional guru PAI |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 01:11 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 01:11 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1703 |
Actions (login required)
View Item |