Pengembangan LKS Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di Kelas VIII SMP Negeri Wailua

Souwakil, Saida (2021) Pengembangan LKS Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di Kelas VIII SMP Negeri Wailua. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model pembelajaran kooperatif dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok secara kolaboratif yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran yang salah satu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi sistem pencernaan pada manusia di kelas VIII SMP Negeri Wailua. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan menurut Dick & Carey (2013) yang dimodifikasi menjadi delapan tahapan yaitu analisis kebutuhan, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan instrumen, mengembangkan strategi, mengembangkann isi LKS, evaluasi formatif, revisi, dan evaluasi sumatif. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa pada kelas VIII SMP Negeri Wailua pada materi sistem pencernaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terkait dengan pengembangan LKS berbasis kooperatif tipe jigsaw pada materi sistem pencernaan pada manusia di kelas VIII SMP Negeri Wailua, menunjukkan bahwa 1). Proses pengembangan perangkat pembelajaran Biologi pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sistem pencernaan pada manusia di kelas VIII SMP Negeri Wailua dinyatakan sangat layak oleh para ahli dibidangnya. Dilihat dari validasi yang dilakukan berdasarkan tiga aspek penilaian yaitu aspek konten/isi, aspek desain, dan aspek bahasapada perangkan model pembejaran kooperatif berbasis jigsaw tersebut memiliki nilai rata-rata sebesar 3,79 dengan kriteria sangat layak. 2). Kualitas lembar kerja siswa berbasis jigsaw pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Negeri Masawoy Kabupaten Buru Selatan berhasil dengan baik dan sudah layak. Hal ini ditunjukkan dari validasi LKS memenuhi kriteria dengan kategori sangat valid, kemudian kepraktisan LKS berada pada kriteria terlaksana dengan baik serta keefektivan LKS berada pada kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 79.95 (tinggi) dengan presentase ketuntasan klasikal 70%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. M. Faqih Seknun, M. Pd. I / Pembimbing II : Laila Sahubauwa, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Sistem Pencernaan pada Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:42
Last Modified: 29 Nov 2021 04:42
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item