-, Nurlila (2019) Peran TPQ Karunia Dalam Mingkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Anak-Anak di Kampung Oihu Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I,III,V.pdf Download (1MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peran, faktor pendukung dan faktor penghambat TPQ karunia dalam meningkatkan minat belajar membaca al-Qur’an pada anak-anak di kampong oihu desa batu kecamatan sirimau kota Ambon. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, menggunakan data wawancara serta keterlibatan peneliti dalam memperoleh data-data di lapamgan, teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data berupa tahap reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran TPQ Karunia dalam meningkatkan minat belajar membaca al-Qur’an di kampung oihu diantaranya: (a) mewajibkan seluruh santri agar dapat membaca al-Qur’an. Kemanpuan membaca al-Qur’an dengan benar merupakan target pokok di TPQ karunia yang harus dicapai oleh setiap santrinya. Oleh karena itu kemampuan membaca al-Qur’an dijadikan materi utama.b) menyetorkan hafalan surah-surah pendek. Adapun faktor pendukung dan penghambat diantaranya: 1) Faktor pendukung: a) Adanya dukungan dari orang tua. Adapun peran TPQ karunia dilingkungan masarakat sangat membatu para orang tua dalam mendidik anak-anak mereka untuk mempelajari ilmu agama khususnya pendidikan baca al-Qur’an. b) Adanya motivasi. Bentuk motivasi ini dapat dilihat dari bagaimana rasa ingin tahu, dan ingin belajar para santri. c) Adanya kesabaran yang tinggi dari para pengajar, kesabaran yang tinggi ini sehingga membuat para pengajar dengan ikhlas membagi waktu dan tenaganya untuk mengajar. Sedangkan faktor penghambat: a) Tenaga pengajar. salah satu kendala dalam pendidikan di TPQ karunia adalah kurangnya tenaga pengajar atau pendidik. Di TPQ karunia hanya di ajarkan oleh dua orang pengajar. b) Dana. berdasarkan hasil observasi dan wawancara kurangnya dana pendidikan menyebabkan pengajian dilaksanakan di rumah ustadz Ismail, karena tidak ada lahan untuk membangun TPQ yang layak. c) Sarana dan prasarana. Ketidak lengkapan sarana prasarana juga menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar santri-santri. d) Kurangnya metode yang digunakan. Pengajar. Pendidik hanya menggunakan metode seadanya saja sesuai dengan pengalaman mereka masing-masing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Yusuf Abdurachman Luhulima, M.Ag / Mukhlisin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Peran TPQ, Minat Belajar Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 00:20 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 00:20 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/1729 |
Actions (login required)
View Item |