Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)

Hartina, Siti (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SITI HARTINA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didik kurang memuaskan. Olehnya itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan salah satu stratrgi pembelajaran, yaitu strategi pembelajaran role playing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP Negeri 3 Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Tipe Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan istrumen tes, lembar observasi, dan kriteria ketuntasan minimal. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Seram Barat, yang berjumlah 25 orang peserta didik. Penggumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar berupa 15 soal PG, baik tes awal, tes akhir pada siklus I, siklus II, dan lember observasi untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran role playing, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP Negeri 3 Seram Barat. Hal ini dapat diketahuai dari ketuntasan hasil belajar peserta didik, yaitu pada hasil tes awal ketuntasan hasil belajar peserta didik mencapai 4% (1 orang dari 25 orang peserta didik) yang dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata adalah 35,73. Setelah diberi tindakan pada siklus I jumlah ketuntasan hasil belajar peserta didik menjadi 60% (15 orang 25 orang peserta didik) dinyatakan tuntas. Sedangkan pada siklus II, jumlah hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 100% (25 orang dari 25 orang peserta didik) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 85,87.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Irvan Lasaiba, M.Biotech / Fitria Lapele, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar Peserta Didik, Sistem Pernapasan Manusia.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:57
Last Modified: 05 Jan 2022 01:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item