Implementasi Metode Ekspositori Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ketakwaan Pada Peserta Didik di SMP Negeri 14 Ambon

Djawa, Rizka Novita (2021) Implementasi Metode Ekspositori Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ketakwaan Pada Peserta Didik di SMP Negeri 14 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
RIZKA NOVITA DJAWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui implementasi metode ekspositori pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada peserta didik di SMP Negeri 14 Ambon. Dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan menghambat implementasi metode ekspositori pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada peserta didik di SMP Negeri 14 Ambon. Jenis penelitian ini yang digunkaan adalah deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian lapangan (field reseach) dengan waktu penelitian dilakukan selama satu bulan terhitung mulai dari tanggal 7 Desember 2020 sampai dengan 7 Januari 2021. Adapun tehnik yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan yakni teknik analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan realitas yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode ekspositori senantiasa berupaya agar metode tersebut menghasilkan suatu produk yang baik, yakni pencapaian tujuan pembelajaran terkait materi taqwa menjadi modal utama untuk setiap muslim dan merupakan bekal yang paling baik untuk menjamin kebahagiaan dan keselamatan manusia, baik dalam menghadapi urusan dunia maupun akhirat. Karena terdapat beberapa karakteristik metode ekspositori. Pertama, metode ekspositori dilakukan dengan cara menyampaikan materi pelajaran secara verbal, artinya bertutur secara lisan merupakan alat utama dalam melakukan metode ini, oleh karena itu sering orang mengidentikannya dengan ceramah. Kedua, biasanya materi pelajaran yang disampaikan adalah materi pelajaran yang sudah jadi, seperti data atau fakta, konsep-konsep tertentu yang harus dihafal sehingga tidak menuntut peserta didik untuk berpikir ulang. Ketiga, tujuan utama pembelajaran adalah penguasaan materi pelajaran itu sendiri. Artinya, setelah proses pembelajaran berakhir peserta didik diharapkan dapat memahaminya dengan benar dan cara ini dapat mengungkapkan kembali materi yang telah di uraikan. Faktor pendukung dan menghambat implementasi metode ekspositori pada mata pelajaran pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai ketakwaan pada peserta didik di SMP Negeri 14 Ambon meliputi; a. Faktor pendukung yakni; 1) Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran 2) Fasilitas yang memadai, sedangkan b. faktor Faktor Penghambat meliputi: 1) Kurangnya alokasi waktu dan 2). Maraknya dunia informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Abidin Wakano, M.Ag / Saddam Husein, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Ekspositori, Mata Pelajaran PAI, Nilai-Nilai Ketakwaan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:37
Last Modified: 06 Jan 2022 02:37
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item View Item