Analisis Perlindungan Konsumen Pada Transaksi Jual Beli Online Dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Hamid, Chairia (2021) Analisis Perlindungan Konsumen Pada Transaksi Jual Beli Online Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I.III.V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
CHAIRIA HAMID.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsumen mendapatkan perlindungan konsumen pada transaksi belanja online dalam menimbulkan kepuasan dan untuk mengetahui pandangan Ekonomi Syariah terhadap perlindungan konsumen dalam transaksi jual• beli online. Penelitian ini tennasuk dalam studi kepustakaan dan penelitian lapangan, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif Adapun teknik yang digunaka.n dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjuk:an bahwa: (1) Penerapan perlindungan konsumen dalam menimbul.k:an kepuasan pada transaksi belanja online dalam hal ini wawancara dengan 15 orang informan penelitian, terbagi menjadi 4 klasifikasi, yang pertama konsumen yang sadar tentang UUPK dan merasa puas, yang kedua, konsumen yang sadar tentang UUPK dan tidak puas, yang ketiga konsumen yang tidak sadar tentang UUPK clan merasa puas, yang keempat konsumen tidak sadar tentang UUPK dan tidak puas. Hal ini menunjukan bahwa dalam klasifikais pertama konsumen tau tentang hak-hak dan kewajibannya sebagai konsumen, pada k:lasifikasi kedua konsumen tau tentang UUPK, tapi tidak: ingin mempermasalahkan ketika kosnumen mengalami kerugian, pada klasifikasi ketiga konsumen merasa puas karena mereka tidak pernah mengalaami kerugian saat bertransaksi online. Dan yang terkahir konsumen tidak tau dan tidak puas karena minimnya pengetahuan konsumen tentang hak clan kewajiba penjual dan pembeli padahal sudah ada hak-hak dan kewajibannya, (2) Untuk mengetahui pandangan ekonomi syariah terhadap jual• beli online merupakan hal yang sangat penting dimana seorang pedagang harus berlaku jujur terhadap kondisi barang yang diperdagangkan, agar hubungan konsumen dan produsen selalu berj alan dengan baik dan mendapatkan keberkahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Hj. Thalhah, MA / Arizal Hamizar, M.SI
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, perlindungan konsumen, Kepuasan.
Subjects: Ekonomi Syariah
IAIN Ambon > Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Berdasarkan Subyek > Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 08 Mar 2022 01:41
Last Modified: 08 Mar 2022 01:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item