Pengembagan Modul Biologi Berbasis Keislaman Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Seram Bagian Timur

Kilbaren, Maryam (2021) Pengembagan Modul Biologi Berbasis Keislaman Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan modul dan kualitas pengembangan modul pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati berbasis keislaman untuk siswa kelas X SMK Negeri 7 Seram Bagian Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model 4D. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Seram Bagian Timur dengan jumlah siswa 20. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini meliputi: lembar validasi, lembar observasi, angket respon siswa dan soal tes hasil belajar. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis keislaman pada materi keanekaragaman hayati, dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D, yang terdiri atas empat tahap utama yaitu: (1) pendefinisian (Define), (2) perancangan (Design), (3) pengembangan (Develop), (4) penyebaran (Disseminate). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap develop saja. Kualitas modul pembelajaran biologi berbasis keislaman pada materi keanekaragaman hayati untuk siswa kelas X SMK Negeri 7 Seram Bagian Timur. Berdasarkan analisis kevalidan diperoleh nilai 4,2 dengan kriteria valid, aspek kepraktisan diperoleh nilai 4,1 dengan kategori terlaksana dengan baik. sedangkan dari hasil angket respon siswa terhadap modul pembelajaran biologi berada pada kriteria dengan respon yang positif yaitu lebih dari 70% siswa memiliki tanggapan yang baik terhadap modul biologi dan aspek keefektifan untuk hasil belajar yaitu 85,2%. Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berupa modul pembelajaran materi keanekaragaman hayati berbasis keislaman yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. M. Faqih Seknun, M. Pd. I / Pembimbing II : Zamrin Jamdin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Hayati, Modul Biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 15 Mar 2022 01:21
Last Modified: 15 Mar 2022 01:21
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item