Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Muhammadiyah Ambon

Rafli, Rafli (2021) Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas: (1) Implementasi manajemen kelas dalam Meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Ambon (2) Faktor pendukung dan penghambat guru mengelola kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Ambon. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui Implementasi manajemen kelas dalam Meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Ambon; dan (2) untuk mengetahu ) Faktor pendukung dan penghambat guru mengelola kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Ambon. Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan dari tanggal 28 mei 2021- 28 juni 2021 di SMK Muhammadiyah Ambon. Subjek penelitian berjumlah empat orang, yaitu kepala sekolah, satu orang guru Pendidikan Agama Islam, Wakasek kesiswaaan dan salah satu peserta didik SMK Muhammadiyah Ambon. Tingkat pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman pada calon guru dan menjadi evaluasi bagi guru bahwasanya betapa pentingnya manajemen kelas dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran sehingga tercapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMK Muhammadiyah Ambon adalah: (a) perencanaan: menyusun perangkat pembelajaran dan instrumen seperti silabus, RPP dan lain sebagainya, (b) pelaksanaan manajemen kelas dalam proses pembelajaran: memotivasi peserta didik agar konsentrasi, mengkondisikan peserta didik untuk siap belajara di kelas, tempat duduk diroling dan bervariasi. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran adalah lingkungan, Sarana dan prasarana, terjalinnya koardinasi yang baik antara guru-guru PAI, wali kelas, BK, WAKA dan kepala sekolah serta dukungan dari orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Nur Hasanah. M. Si / Pembimbing II : Saida Manilet, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 17 Mar 2022 05:39
Last Modified: 17 Mar 2022 05:39
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2238

Actions (login required)

View Item View Item