Rosmina, Wa (2021) Dampak Sertifikasi Guru terhadap peningkatan mutu Guru di SD Negeri 1 Waipo Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN AMBON.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL TESIS; WA ROSMINA_133.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji tentang dampak sertifikasi guru terhadap peningkatkan mutu guru di SD Negeri 1 Waipo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 30 Desember 2020 sampai dengan 25 Januari 2021 dengan lokasi yang diambil dalam penelitian ini adalah di SD Negeri 1 Waipo. Adapun yang menjadi informan dalam penelitan ini terdiri dari Kepala sekolah, 4 guru serta Waka Kurikulum. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, serta dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahap reduksi data (data reducation), pengkajian data (data display) dan kesimpulan data (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sertifikasi guru sebagai proses uji kompetensi yang dirancang untuk mengungkapkan penguasaan kompetensi seorang guru. Dampak sertifikasi guru yakni terdiri dari dua hal yaitu; 1) meningkatkan kinerja guru, 2) meningkatkan profesional guru dalam proses pembelajaran. 1). Meningkatkan kinerja guru, dimana proses pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan guru setelah mengajar meliputi: a). Metode mengajar guru lebih variatif dan kreatif. b). Meningkatkan kesejahteraan guru c). Meningkatkan profesionalisme guru dalam hal ini sertifikasi guru disadari semakin meningkatkan profesionalisme guru. Sedangkan 2).Meningkatkan profesional guru dalam proses pembelajaran, meliputi: a). Persiapan/perencanaan karena sebelum melaksanakan pembelajaran tentunya seluruh komponen yang ada harus mempersiapkan terlebih dahulu. b). Proses pelaksanaan, inti dari implementasi adalah bagaimana bisa menerapkan konsep atau ide dalam suatu proses pelaksanaan. Dalam penelitian ini tentunya ditekankan pada proses pelaksanaan pembelajaran dari guru yang telah tersertifikasi. dan c) Evaluasi atau penilaian, dalam pembelajaran proses evaluasi sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam evaluasi ini, peneliti memfokuskan pada macam evaluasi yang dilakukan, teknik dan instrumen penilaian, program remedial dan pengayaan serta sistem pengorganisasian nilai. Macam evaluasi yang dilakukan oleh guru di SD Negeri 1 Waipo, adalah evaluasi proses dan evaluasi hasil. Faktor pendukung dan penghambat dampak sertifikasi pendidik dalam meningkatkan mutu guru di SD Negeri 1 Waipo dalam kebijakan sertifikasi guru terdapat kendala yang dapat mengganggu penerapan kebijakan sertifikasi guru, sehingga diperlukan usaha dari semua pihak sekolah baik guru, sekolah maupun peserta didik. Kendala-kendala yang dihadapi guru di SD Negeri 1 Waipo dalam dampak sertifikasi guru meliputi; a). Sarana prasarana sekolah yang masih terbatas, b) Keaktifan peserta didik kurang, c). Guru tersertifikasi kekurangan jam mengajar.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Abd. Jabar Abdul, M.Pd / Dr. Ridwan Latuapo, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Dampak sertifikasi, Mutu Guru |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Usemahu Abdullah |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 14:50 |
Last Modified: | 21 Nov 2022 00:40 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2437 |
Actions (login required)
View Item |