-, Nurhayati (2021) Upaya guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMA Negeri 15 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN AMBON.
Text
FULL TESIS NURHAYATI_131.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB I, III, V.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang penulis lakukan di SMA Negeri di Masohi secara umum pembelajaran PAI yang dilaksanakan masih berkaitan erat dengan aspek kognitif sehingga aspek lain yang juga merupakan aspek penting dalam pembelajaran yaitu aspek afektif dan psikomotorik belum tercapai secara maksimal. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMA Negeri 15 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah dan apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMA Negeri 15 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMA Negeri 15 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMA Negeri 15 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 (satu) pada tahun pelajaran 2020/2021 terhitung mulai dari tanggal 30 Desember 2020 sampai dengan 30 Januari 2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Maluku Tengah dengan subjek 3 orang guru PAI dan 4 orang siswa. Untuk menganalisis data dengan analisis deskripsi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait upaya guru PAI dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di SMA Negeri 15 Maluku Tengah Kabupaten Maluku Tengah menunjukkan bahwa; 1. Upaya untuk pengembangan ranah afektif dalam pembelajaran agama Islam pada peserta didik di SMA Negeri 15 Maluku Tengah yaitu dengan menerapkan beberapa pembiasaan berupa budaya salam sapa antara guru dengan peserta didik yang dilakukan di depan gerbang SMA Negeri 15 Maluku Tengah, pembiasaan kegiatan tadarus setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dilaksanakan khusus mata pelajaran PAI, pembiasaan sholat dhuha yang dilaksanakan juga setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung, penerapan pembiasaan sholat dzuhur berjamaah di masjid yang ada di lingkungan sekolah, kegiatan muhasabah yaitu melakukan ceramah atau tadarus di masjid sekolah. 2. Beberapa faktor pendukung upaya pengembangan ranah afektif dalam pembelajaran agama Islam pada peserta didik di SMA Negeri 15 Maluku Tengah adalah faktor dari keluarga, faktor dari sekolah dan faktor dari lingkungan masyarakat. Faktor penghambat upaya pengembangan ranah afektif berasal dari perkembangan jaman yang semakin modern (smartphone dengan penggunaan internet) yang dapat disalagunakan. Faktor dari pribadi peserta didik sendiri, dan faktor dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat dan faktor lainnya yang saling mempengaruhi
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Usemahu Abdullah |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 06:35 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 00:27 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2451 |
Actions (login required)
View Item |