Urgensi Metode Tutor Sebaya dalam pengajian Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Nurul At-Takwa di Dusun Tahoku Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah

Wally, Nur Baya (2021) Urgensi Metode Tutor Sebaya dalam pengajian Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Nurul At-Takwa di Dusun Tahoku Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (278kB)

Abstract

Tutor sebaya merupakan bimbingan atau bantuan yang diberikan kepada orang lain dengan umur yang sebaya. Belajar bersama dalam kelompok dengan tutor sebaya merupakan salah satu ciri pembelajaran berbasis kompetensi, melalui kegiatan berinteraksi dan komunikasi, sehingga menjadi aktif belajar, mereka menjadi efektif. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana urgensi Metode Tutor Sebaya dalam pengajian Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Nurul At-Takwa di Dusun Tahoku Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.? Serta Factor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat urgensi Metode Tutor Sebaya dalam pengajian Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Nurul At-Takwa di Dusun Tahoku Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.? Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di di Dusun Tahoku Kecamatan Leihitu sejak tanggal 07 Juli 2021 sampai dengan 07 Agustus 2021, dengan subjek penelitian berjumlah 36 orang, dengan jenis sumber data primer adalah informan peneliti dan sumber data sekunder adalah buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini, serta teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa urgensi Metode Tutor Sebaya dalam pengajian Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Nurul At-Takwa di Dusun Tahoku Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah sangat baik dalam meningkatkan bacaan, kelancaran bacaan, sehingga dengan tutor sebaya ini para ibu majelis sudah bisa membaca al-Qur’an adapun pada aspek ketepatan mahraznya, dan kesesuaian hukum bacaan yang masih kurang pendek panjangnya. Sedangkan Factor pendukung urgensi Metode Tutor Sebaya dalam pengajian Al-Qur’an di Majelis Ta’lim Nurul At-Takwa di Dusun Tahoku Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah adalah 1), adanya kedekatan individual 2), adanya faktor keluarga dan 3), faktor berikutnya karena ada ibu-ibu majelis yang sudah bisa membaca al-Qur’an dengan baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah 1), waktu yang terbatas dan 2), yang bisa mengajar bacaan al-Qur’an hanya sedikit sehingga mereka kewalahan mengajar para ibu-ibu yang jumlahnya banyak juga dengan pemahaman yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Rustina N., M.Ag / Saida Manilet, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode Tutor Sebaya, Majelis Taklim Nurul At-Takwa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:00
Last Modified: 26 Oct 2022 04:00
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2515

Actions (login required)

View Item View Item