Hariana, Wa (2021) Peran Guru Agama Islam Dalam Pembinaan Membaca al-Qur’an di MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (853kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (591kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (304kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (584kB) |
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mendidik dan mengajar, khususnya mata pelajaran al-Qur’an hadis agar peserta didik dapat membaca dan menulis al-Qur’an dengan fasih dan benar. Guru Pendidikan Agama Islam harus berupaya untuk mendorong minat peserta didik dalam membaca al-Qur’an. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru al-Qur’an Hadits dalam pembinaan membaca al-Qur’an pada peserta didik di MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat dan apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru al-Qur’an Hadits dalam pembinaan membaca al-Qur’an pada peserta didik di MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Tipe penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 10 Februari sampai dengan tanggal 10 Maret 2021 di MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Subjek penelitian adalah 1 orang guru Al-Qur’an Hadist dan 1 orang guru Bahasa Arab dan 3 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru al-Qur’an Hadits dalam pembinaan membaca al-Qur’an pada peserta didik di MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat diantaranya: a. Peran guru sebagai pembimbing dalam pembiasaan tadarus sebelum berlangsungnya proses belajar mengajar. b. Peran guru dalam menggunakan metode, yakni; cerahmah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan latihan, c. Peran guru dalam menyiapkan sumber belajar. Adapun sumber belajar lainnya berupa buku sebagai referensi yang diberikan sekolah kepada peserta didik dan guru, maupun buku-buku yang terdapat di perpustakaan sekolah yang dapat dipinjam demi pemahaman peserta didik. Faktor pendukung: 1) Motivasi belajar peserta didik, 2) Peran media pembelajaran dan 3) Perhatian orang tua. Faktor penghambat: 1) Kurangnya kedisiplinan belajar peserta didik, 2) Kurangnya alokasi waktu dan 3) Kurangnya perhatian orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. St. Jumaeda, M.Pd.I / Saidah Manilet, M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru al-Qur’an Hadits, Pembinaan Membaca al-Qur’an |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 05:30 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 05:30 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2559 |
Actions (login required)
View Item |