Thalib, Abdul Azis (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Multimedia Articulate Storyline di MTs Al-Hilaal Naira Kecamatan Banda. Tesis thesis, IAIN Ambon.
Text
BAGIAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB I-V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tesis ini mengangkat masalah yang terjadi di MTs Al-Hilaal Naira khususnya pada mata pelajaran SKI. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran masih belum terlalu terlihat, dan membuat penyampaian materi lebih cenderung bersifat konvensional. Hal ini mengakibatkan peserta didik menjadi terkesan pasif hingga akhirnya membuat jenuh proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, dalam rangka membuat proses pembelajaran SKI yang inovatif dan berbasis teknologi, maka penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat dioperasikan melalui smartphone android menyesuaikan dengan pola hidup peserta didik di zaman sekarang. Produk yang dikembangkan berupa aplikasi berformat apk yang dapat diinstall pada perangkat smartphone android. Proses pembuatan produk mengadaptasi metode pengembangan Hannafin and Peck. Terdapat tiga fase dalam metode pengembangan ini, yaitu: fase I, Analisis masalah; fase II, Desain; dan fase III, pengembangan dan implementasi. Fase I dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Fase II dilaksanakan dengan cara mengumpulkan bahan yang akan menjadi konten produk berupa gambar, video, audio dan materi yang dibahas, serta membuat flowchart dan story board sebagai acuan pengembangan produk. Fase III merupakan pengembangan produk dengan cara menggabungkan objek-objek yang telah dikumpulkan sebelumnya menjadi sebuah aplikasi berformat html5 dengan memanfaatkan software Articulate Storyline. Aplikasi tersebut kemudian diubah kembali menjadi format apk agar dapat diinstal pada perangkat smartphone android. Agar produk yang dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan, maka dilakukan uji validasi oleh para ahli. Terdapat empat aspek yang akan divalidasi dalam pengembangan produk media pembelajaran ini yakni validasi media, validasi materi, validasi bahasa dan validasi desain. Tiap aspek yang divalidasi diuji oleh masing-masing dua orang ahli. Hasil dari penelitian ini dilihat berdasarkan hasil uji validasi para ahli. Rata-rata hasil validasi yang didapat dari tiap aspek ialah: ahli media 89,06%; ahli materi 76,5%; ahli desain 89,065%; dan ahli bahasa 86,805%. Dari hasil penilaian semua aspek, maka didapatkan nilai rata-rata dari produk yang dikembangkan yakni sebesar 85,36%. Berdasarkan besaran nilai yang didapat, maka kesimpulan yang dicapai ialah produk media pembelajaran SKI berbasis multimedia berada dalam kategori “Sangat Layak”. Saran perbaikan yang diberikan menjadi masukan sebagai revisi terhadap produk yang dikembangkan agar lebih layak guna di lapangan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Samad Umarella, M.Pd / Dr. St. Jumaeda, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Articulate Storyline |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:10 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:10 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2570 |
Actions (login required)
View Item |