Kemampuan Literasi Numerasi Selama Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Peserta Didik Kelas V di MIT Al-Anshor Ambon

Sari, Nur Indah (2022) Kemampuan Literasi Numerasi Selama Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Peserta Didik Kelas V di MIT Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAGIAN PERTAMA, BAB I, BAB III, BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI NUR INDAH SARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi numerasi selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) peserta didik kelas V di MIT Al-Anshor Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain quasi experimental dengan memilih jenis one group pretest-posttest design sampel berpasangan. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MIT Al-Anshor Ambon Tahun Ajaran 2021/2022 berjumlah 28 peserta didik (16 laki-laki dan 12 perempuan). Data dikumpulkan melalui tes dan non tes (dokumentasi, dan wawancara). Analisis data pada penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji paired sample t-test) serta analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi numerasi peserta didik pada pretest adalah 51.07 dan nilai rata-rata posttest adalah 70.71. Dengan N-gain sebesar 0.4, berada pada ketegori sedang. Uji paired sample t-test diperoleh signifikansi ( < 0.05) menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) mengalami peningkatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi numerasi peserta didik selama pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) yaitu faktor internal dan eksternal. Pengaruh internal meliputi minat, motivasi, dan pemahaman peserta didik. Jumlah materi yang harus dikuasai peserta didik dan terbatasnya waktu belajar di kelas adalah contoh pengaruh eksternal. Orang tua masih belum terlibat secara aktif dalam membantu anaknya belajar di rumah, yang merupakan masalah eksternal lainnya. N-gain kategori sedang mengidentifikasi bahwa diperlukan upaya penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Melalui perbaikan program, termasuk proses dan pendampingan orang tua pada anak saat belajar di rumah serta dampak yang dilakukan dengan sebuah penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Dr. Anasufi Banawi, S.Pd., M.Pd / Eman Wahyudi Kasim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Numerasi, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 11 Nov 2022 01:46
Last Modified: 11 Nov 2022 01:46
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item View Item