Elly, Sulfitri (2022) Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Kegiatan Pemebalajaran di MTs Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
SULFITRI ELLY.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Supervisi kepala sekolah adalah usaha untuk memperbaiki situasi pembelajaran atau bantuan yang diberikan kepada guru oleh kepala sekolah dalam melaksanakan tugas profesiaonalnya agar mampu membantu peserta didik dalam belajar untuk menjadi lebih baik. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada kegiatan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat Dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada kegiatan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat yang menjadi sumber data yaitu kepala sekolah dan 3 guru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, dispaly data, verifikasi dan penarikan kesimpulan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam tentang supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada kegiatan pembelajaran di MTs Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada kegiatan Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat sudah terlaksana seperti perencanaan program supervisi, pelaksanaan supervisi berupa pendekatan langsung (memberikan arahan, motivasi, kunjungan kelas dan mengajarkan guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran) dan pendekatan tidak langsung (memberikan apresiasi kepada guru), Evaluasi (memberikan penilaian dan peringatan tentang supervisi) dan tindak lanjut (Peninajuan kembali dan memberikan pelatihan-pelatihan). Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan supervisi akademik kepala sekolah. Faktor pendukung seperti kesiapan guru dan dukungan masyarakat sedangkan faktor penghambat seperti sarana prasarana yang kurang memadai dan waktu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. Nurhasanah, M. S.I / Habiba Waliulu, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 01:46 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 01:46 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2665 |
Actions (login required)
View Item |