Tamalene, Furnawati (2022) Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Reproduksi Menurut Islam Untuk Siswa Kelas XII MA Negeri 1 Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (553kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (348kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (221kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta belum adanya bahan ajar mandiri bagi siswa, serta belum adanya unsur Islami pada bahan ajar yang sudah ada. Pengembangan bahan sesuai dengan karakter MA Negeri 1 Ambon yang semua peserta didiknya beragama Islam, bahan ajar sistem reproduksi menurut Islam juga dapat digunakan pada sekolah lanjutan tingkat atas pada umumnya. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian Research and Development (R&D) dan menggunakan metode penelitian dan pengembangan model 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), tahap Define, tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development) dan tahap penyebaran (Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 1 Ambon selama 1 Bulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) proses pengembangan modul biologi pada materi sistem reproduksi menurut Islam dimulai dari tahap pendefinisian yang meliputi (analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan), tahap perancangan yang meliputi (penyusunan tes, pemilihan format, dan rancangan awal), tahap pengembangan media pembelajaran berupa (modul, angket, dan tes hasil belajar) kemudian perangkat tersebut divalidasi oleh para ahli dan direvisi sampai memenuhi kriteria valid dan dinyatakan sangat layak oleh para ahli/validator dengan kriteria sangat layak yaitu rata-ratanya sebesar 3,56 melalui data hasil penelitian pengembangan modul biologi pada materi sistem reproduksi menurut Islam, selanjutnya perangkat tersebut diujicobakan utuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan. (2) kualitas modul yang diujikan dikelas XII MA Negeri 1 Ambon berhasil dengan baik dan sudah layak. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata kevalidan modul yaitu 3,65 yang berada pada kriteria valid, kemudian kepraktisan modul menunjukan nilai rata-rata 3,65 yang berada pada kriteria terlaksana dengan sangat baik, serta keefektifan modul menunjukan nilai rata-rata 75,25 yang berada pada kriteria dan persentase ketuntasan sebesar 80%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Dr. M. Faqih Seknun, M.Pd.I / Zamrin Jamdin, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, Sistem reproduksi manusia, Islam |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 01:33 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 01:33 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2765 |
Actions (login required)
View Item |