Line, Sarni La (2022) Kisah Uwais Al-Qorni Dalam Suatu Tinjauan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini berkenaan dengan studi tentang Kisah Uwais al-Qorni Dalam Suatu Tinjauan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung dalam kisah Uwais al-Qorni dan untuk mengetahui implementasi nilai pendidikan akhlak dalam kisah Uwais al-Qorni di Sekolah Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) karena sumber datanya diambil dari bahan-bahan pustaka. Sumber penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sekunder, sumber primer dari buku kisah para tabi’in dalam pembahasannya tentang Uwais Bin ‘Amir al-Qorni (Hamba yang Sangat Terkenal di langit, Tapi Tak dikenal di Dunia) yang ditulis oleh Abdul Mun’im Al-Hasyimi. Sumber sekunder terdiri dari buku-buku yaitu: Buku 198 Kisah Haji Wali-wali Allah yang ditulis oleh Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny; Buku Kisah Hikmah Para Sufi dan Ulama Salaf yang ditulis oleh Ali Abdullah; Buku Zuhud Cahaya Qalbu yang ditulis oleh Imam Ahmad bin Hanbal; dan Buku 101 Kisah Tabi’in yang ditulis oleh Hepi Andi Bastoni. Penelitian ini dilaksanakn sejak tanggal 28 september sampai 28 oktober 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kisah Uwais al-Qorni dalam suatu tinjauan nilai-nilai pendidikan akhlak dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah dalam penulisan ini adalah sebagai berikut:1) a. Nilai pendidikan akhlak kepada Allah swt dalam kisah Uwais al-Qorni terdiri dari empat yaitu nilai taqwa, nilai cinta dan ridha kepada Allah swt, nilai bersyukur, dan nilai tawakkal, b. Nilai pendidikan akhlak kepada Rasul saw dalam kisah Uwais al-Qorni terdiri dari dua yaitu nilai rendah hati atau tawadhu dan nilai simpati dan empati, c. Nilai pendidikan akhlak kepada orang tua dalam kisah Uwais al-Qorni terdiri dari tujuh yaitu ikhlas, sabar, jujur, sederhana, mandiri, lemah lembut, dan perbuatan atau sikap baik terhadap ibunya. 2) Implementasi nilai pendidikan akhlak dalam kisah Uwais al-Qorni di sekolah dengan menggunakan berbagai macam metode yaitu metode Keteladanan, metode pembiasaan, metode menahan diri, metode pergaulan yang baik, metode kisah, dan metode perhatian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Nursaid, M. Ag / Pembimbing II : Saidah Manilet, M. Pd. I |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 23:28 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 23:28 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2779 |
Actions (login required)
View Item |