Persepsi Siswa Kelas XII Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Ambon

Leko, Anto (2021) Persepsi Siswa Kelas XII Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (707kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan belajar di rumah itu dikenal sebagai kebajakan belajar jarak jauh dalam jaringan (daring) atau sering disebut online learning sudah dilaksanakan pada sekolah di kota Ambon dengan beragam tanggapan atau persepsi utamanya dari siswa. Persepsi terhadap proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19, seperti yang dilakukan oleh siswa dan guru PAI di SMK Muhammadiyah Ambon tersebut dalam proses belajar mengajar yang diterapkan sehari-hari khususnya mata pelajaran PAI adalah dengan menggunakan pembelajara daring. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa kelas XII terhadap media pembelajaran berbasis daring pada masa pandemi covid-19 di SMK Muhammadiyah Ambon. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 28 Mei sampai dengan 28 Juni 2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Ambon. Analisis data menggunakan analisis deskripsi menggunakan data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas XII terhadap media pembelajaran berbasis daring pada masa pandemi covid-19 di SMK Muhammadiyah Ambon tetap dilaksakan sesuai dengan anjuran pemerintah untuk belajar dari rumah melalui daring pada semua mata pelajaran bagi peserta didik SMK Muhammadiyah Ambon utamanya pada mata pelajaran PAI dalam kondisi pandemi ini dengan berbagai aplikasi yang memudahkan dalam belajar sehingga peserta didik dapat mengakses pembelajaran dengan menggunakan media; komputer, laptop, notebook, ataupun HP yang didukung dengan aplikasi; google, youtube, e-mail, dan whatsapp serta aplikasi pendukun pembelajaran lainnya. Adapun faktor pendukung pembelajaran daring meliputi; 1) sebagai pengganti tatap muka secara langsung, 2) lebih efisien, 3) mencegah penularan virus dan 4) pengembangan TIK. Dan faktor penghambat pembelajaran daring diatara; 1) keterbatasan media, 2) susah signal dan biaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Samad Umarella, M. Pd / Pembimbing II : Saddam Huserin, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:34
Last Modified: 01 Dec 2022 01:34
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2783

Actions (login required)

View Item View Item