Pondo, Arum Sari (2022) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercakap-cakap Pada Materi Menceritakan Kegemaran Peserta Didik Kelas II MI Daarut Taqwa Kasieh Kabupaten Seram Bagian Barat. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (839kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (236kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode bercakap-cakap yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini (siswa madrasah ibtidaiyah kelas II). Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bercakap-cakap pada peserta didik kelas II MI Daarut Taqwa Kasieh Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II MI Daarut Taqwa Kasieh yang berjumlah 17 orang. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran siklus I peserta didik bercakap-cakap berdasarkan teks percakapan. Peserta didik tidak mengalami kendala dalam aspek kebahasaan (kosa kata/ungkapan dan struktur kalimat yang digunakan) dan aspek nonkebahasaan (keberanian, keramahan, dan sikap). Tindakan bercakap-cakap siklus II berdasarkan teks percakapan. Siklus II lebih difokuskan pada aspek kebahasaan (tekanan, ucapan, serta nada dan irama) dan aspek nonkebahasaan (kelancaran dan penguasaan materi) yang masih kurang. Pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode bercakap-cakap berdasarkan teks percakapan menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara peserta didik, peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai keterampilan berbicara peserta didik. Peningkatan yang terjadi yaitu, (1) rata-rata nilai pratindakan peserta didik sebesar 59,4 dengan persentase ketuntasan sebesar 17%, (2) rata-rata nilai evaluasi siklus I sebesar 75 dengan persentase ketuntasan sebesar 52%, (3) rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 84,2 dengan persentase ketuntasan 88%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Hayati Nufus, M.A.Pd / Eman Wahyudi Kasim, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Metode Bercakap-Cakap |
Subjects: | IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Berdasarkan Subyek > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 00:44 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 00:44 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2828 |
Actions (login required)
View Item |