Strategi Komunikasi Pemasaran Penjualan Online Terhadap Kepuasan Konsumen

Tokomadoran, Djumila (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Penjualan Online Terhadap Kepuasan Konsumen. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (214kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan online shop dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Teori yang digunakan yaitu bauran pemasaran (4P) yang terdiri dari promotion (promosi), Product (produk), price (harga), dan place (tempat). Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dimana proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk penyajian data dalam penelitian kualitatif menggunakan teks yang bersifat naratif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan penjual online shop cenderung menggunakan media sosial seperti facebook, dan Instagram. Dimana penjual mempromosikan produknya melalui insta story, selain itu, ada juga juga yang menggunakan aplikasi pendukung yang memang merupakan aplikasi tempat para penjual online menawarkan barangnya, seperti marketplace pada Facebook dan Shoppe. Kemudian produk yang ditawarkan disesuaikan dengan perkembangan jaman dan minat pembeli. Selanjutnya promosi juga dilakukan dengan memberikan diskon dan sistem beli banyak gratis satu produk tertentu. Sedangkan untuk faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yakni, adanya kesulitan dalam membangun komunikasi antara pembeli dan penjual online shop. Selanjutnya ketidaksesuaian produk dengan yang diharapkan konsumen. Seperti yang diutarakan oleh salah satu narasumber, barang tidak sesuai dengan yang dipromosikan, dimana ketika barang dipromosikan kelihatan bagus akan tetapi ketika sudah di tangan, ternyata tidak sebagus saat dipromosikan. Sehingga membuat konsumen merasa kecewa terhadap produk yang dipasarkan penjual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Andi Fitriyani, M.Si / Iftiya Salwa Tuanany, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi dan penjualan online, kepuasan konsumen
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 29 Dec 2022 00:45
Last Modified: 29 Dec 2022 00:45
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2872

Actions (login required)

View Item View Item