Eleuwarin, Dwi Septiani (2022) Dampak Game Online Terhadap Perilaku Sosial Mahasiswa Proram Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (271kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (138kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (126kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (183kB) |
Abstract
Pokok malasah dalam penelitian ini merupakan suatu pembahasan yang membahas bagaimana persepsi mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon tentang game online, serta bagaimana dampak game online terhadap perilaku sosial mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon. Namun pada penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, sehingga sumber data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengelolaan dan analisis data dalam bentuk kata-kata atau gambar. Data tersebut diperoleh dari hasil wawancara, catatan pengamatan lapangan, dokumentasi, sehingga dapat dilakukan untuk responden yang jumlahnya sedikit. Pada hasil penelitian tersebut, penulis telah temui beberapa game online yang sering dimainkan diantaranya, Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG. Dalam hal ini, permainan tersebut berdampak pada perilaku sosial setiap mahasiswa yang diantaranya terdapat dampak positif dan negatif. Dalam game online mengenai dampak yang dapat ditimbulkan terhadap pemainnya seperti mendorong terjadinya interaksi sosial dan cara baru memandang dunia. Media yang terdapat di dalam game online memungkinkan para pemain dapat berbuat lebih banyak lagi dalam bermain game. Ketika bermain game online, berarti mereka sudah secara langsung menjadi masyarakat virtual, sehingga segala hal yang paling dapat membangun/merusak, moral/amoral, kebaikan/kejahatan, kebenaran/ kepalsuan dapat hadir secara bersamaan. Pada dasarnya dampak bermain game online selalu jelek, akan tetapi jika kita memandang dari sudut pandang yang berbeda maka tidak semuanya berdampak negatif melainkan akan memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa Prodi Sisiologi Agama. Salah satunya, mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan sesama teman secara vitual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Fivit Baktirani, MM / H. Muhammad M. Laitupa, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Game online, perilaku sosial mahasiswa |
Subjects: | Sosiologi Agama IAIN Ambon > Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Sosiologi Agama |
Divisions: | Berdasarkan Subyek > Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Sosiologi Agama |
Depositing User: | La Iba |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 04:08 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 04:08 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/2886 |
Actions (login required)
View Item |