Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Terpuji Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah Luhu

Sillehu, Faradila Aulia (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Terpuji Peserta Didik Kelas XI SMA Muhammadiyah Luhu. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Guru pendidikan agama Islam yang profesional sangat diperlukan sebagai pemenuhan sumber daya manusia yang baik memiliki kompetensi yang mendukung tugas dan fungsinya dalam menjalankan proses pendidikan, disamping membina Perilaku Terpuji peserta didik ada faktor pendukung lainnya yang dapat membina Perilaku Terpuji peserta didik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam berupa guru sebagai pendidik, pengajar dan sebagai pelatih, dalam pembinaan perilaku terpuji peserta didik di SMA Muhammadiyah Luhu?. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan perilaku terpuji peserta didik di SMA Muhammadiyah Luhu?. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil kepala sekolah bidang akademik, 2 orang guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, dan 6 orang peserta didik, sehingga berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku terpuji peserta didik di SMA Muhammadiyah Luhu, ternyata mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina perilaku terpuji peserta didik, karena tugas dan fungsi dari guru pendidikan agama Islam dilaksanakan dengan baik dan benar sehingga perannya juga dapat mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang dilakukan oleh peserta didik tersebut, diantaranya peran guru pendidikan agama Islam sebagai pendidik, peran guru pendidikan agama Islam sebagai pengajar, dan juga sebagai pelatih. Kemudian faktor-faktor penunjang peran guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku terpuji peserta didik di SMA Muhammadiyah Luhu, yaitu aturan, fasilitas yang memadai dan pengawasan yang baik dari seluruh elemen yang ada sehingga pelaksanaan peran guru pendidikan agama Islam terlaksana dengan baik. Sedangkan faktor-faktor penghambat yaitu guru-guru pendidikan agama Islam sering merasa kesulitan untuk membimbing para peserta didik yang mengalami permasalahan karena latar belakang peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Ridhwan Latuapo, M. Pd. I / Pembimbing II : Nur Khozim, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam Perilaku Terpuji.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:47
Last Modified: 07 Jul 2023 06:47
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item