Peran Guru Ngaji Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Quran santri di TPQ Al-Muhajirin Desa Polin Kecamatan Siwalalat Kabupaten Seram Bagian Timur

Ipa, Juniati (2021) Peran Guru Ngaji Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Quran santri di TPQ Al-Muhajirin Desa Polin Kecamatan Siwalalat Kabupaten Seram Bagian Timur. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dalam Skripsi ini dilatar belakangi bahwa pendidikan non formal seperti TPQ sangat penting dan membantu menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Quran dan hal ini harus ditanamkan sejak dini. Karena banyak ditemukan remaja yang tidak bisa membaca Al-Quran, ada juga membaca dengan cepat tanpa memperhatikan hukum bacaannya, ini merupakan suatu potret yang perlu diantisipasi oleh pendidik maupun orang tua. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Guru Ngaji dalam Meningkatkan bacaan al-Qur’an Santri di TPQ Al-Muhajirin Desa Polin Kecamatan Siwalalat Kabupaten Seram Bagian Timur (2 Apa Faktor penghambat dan pendukung dalam Meningkatkan bacaan al-Qur’an Santri di TPQ Al-Muhajirin Desa Polin Kecamatan Siwalalat Kabupaten Seram Bagian Timur? Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan komunikasi serta teknnik analisis data berupa tahap reduksi, penyajin data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pendidik TPQ Al-Muhajirin dalam meningkatkan bacaan ilmu santri di Desa Polin yaitu: (a) peranannya sebagai pengajar dimana pendidik mengajarkan Al-Quran dan pemahaman ilmu tajwid kepada santri, (b) demonstrator dimana pendidik mendemonstrasikan materi ilmu tajwid dengan menggunakan metode drill dan demonstrasi (c) motivator, dimana pendidik memberikan motivasi dengan cara semangat dan pujian terhadap santri (d) fasilitator, dimana pendidik menyediakan fasilitas sehingga memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi ilmu tajwid yang sudah diajarkan (e) evaluator dimana pendidik melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai setelah mengikuti kegiatan belajar (1) faktor pendukung: minat santri yang tinggi, kesabaran dan keikhlasan dari para pendidik, dan sarana prasarana (2) faktor penghambat: kurangnya kedisiplinan santri, tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, dan kondisi lingkungan yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Yusuf Abd. Rahman Luhulima, M. Ag / Pembimbing II : La Adu, MA
Uncontrolled Keywords: Peran Pendidik TPQ Ilmu Tajwid
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:41
Last Modified: 11 Jul 2023 01:41
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3777

Actions (login required)

View Item View Item