Dhuhani, Elfridawati Mai (2018) JURNAL; Manajemen pondok pesantren; studi pengelolaan santri muallaf di pondok Pesantren Al Anshar Ambon. Ambon, 9 (1). pp. 54-70. ISSN 1829-8168
Text
Manajemen pondok pesantren; studi pengelolaan santri muallaf di pondok Pesantren Al Anshar Ambon.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan tentang pengelolaan santri muallaf di pondok pesantren Al Anshar Ambon Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Manajemen Santri Mualaf di Pondok Pesantren Al Anshar Ambon? (2) Apa Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan Santri Mualaf di Pondok Pesantren Al Anshar Ambon? Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 30 Mei 2018 sampai dengan tanggal 30 Agustus 2018. Subyek penelitian ada 10 orang informan. Terdapat tiga teknik pengumpulan data, yaitu wawancara yang mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Adapun dari langkah-langkah penelitian tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen pondok pesantren ; Pengelolaan santri muallaf di pondok pesantren al Anshar berjalan dengan baik dengan perencanaan berlangsung secara terjadwal untuk proses pembelajarannya dengan menseleksi santri dari awal tentang pemahaman agamanya, penggorganisasian untuk pengelolaan santri mualaf sudah ditangani lansung dari bidang dakwah untuk pembinaan muallaf, hanya di lapangan santri yang masuk hampir sama pengetahuannya masih di mulai dari dasar baik santri muallaf dan santri non muallaf. Pelaksanaan pengelolaan santri muallaf dilakukan terjadwal dalam proses pembelajarannya dan pengontrolan selain di bawah pengasuh pondok pesantren tapi masih dikontrol penuh oleh pimpinan pondok pesantren dengan selalu meninjau cabang dari pondok pesantren. (2) faktor pendukung a) sekolahnya gratis bagi para santri muallaf, b) santri muallaf yang bersemangat haus menuntut ilmu agama, faktor penghambat, a) kekurangan tenaga pengajar ustad dan ustazah untuk menjadi pengasuh, c) bervariasinya tingkat pemahaman santri muallaf dalam menangkap ilmu agama. Sehingga secara keseluruhan manajemen pondok pesantren; Pengelolaan santri muallaf masih perlu terus ditingkatkan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Penelitian Dosen |
Divisions: | Jurnal |
Depositing User: | Usemahu Abdullah |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 06:09 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 06:09 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/385 |
Actions (login required)
View Item |