Solissa, Haripan (2022) Peran Pondok Pesantren Al-Anshor Ambon Dalam Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan Islam, yakni lembaga yang digunakan untuk mempelajari agama Islam, sekaligus sebagai pusat penyebarannya.Sebagai pusat penyebaran agama Islam di pesantren dituntut untuk mengembangkan fungsi dan perannya, yaitu mengupayakan tenaga-tenaga atau misi-misi agama, yang nantinya diharapkan mampu membawa perubahan kondisi, situasi, dan tradisi masyarakat yang lebih baik. Pondok pesantren yang dipimpin oleh ustadz Abu Imam A. Rohim Rumbara yang akrab dipanggil Abu Imam, didirikan pada tanggal 14 Februari 2004 merupakan sebuah lembaga keagamaan yang selalu eksis untuk membina dan menyekolahkan anak yatim muallaf dan dhuafa’. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana peran pondok pesantren Al-Anshor Ambon dalam proses pemebelajaran dimasa Covid-19. Dan Bagaimana penerapan pembelajaran masa pandemic covid-19 dan masa normal. Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 05Februari sampai dengan 05 Maret 2022. Subyek (informan) dalam penelitian ini ada 4 orang yang terdiri 2 pengurus/Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anshor Ambon dan dua orang santri berada di pondok pesantren Al-Anshor Ambon. Teknik analisis data meliputi reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Al-Anshor sangat berperan terhadap dalam pembelajaran di masa Covid-19. Peran tersebut ditunjukkan dengan kesungguhan pihak Pesantren dalam menerapkan protokol kesehatan selama proses pembelajaran dan membatasi hubungan emosional antara para pengajar dan santri. Dalam proses pembelajaran di masa Covid-19 para santri diajarkan membaca Al-Qur’an, akan tetapi setelah melalui proses pembelajaran di Pesantren, mereka dapat mengetahui lebih dalam tentang ilmu agama, telah beribadah secara benar, dan dapat membaca Al-Qur’an secara baik dan benar, bahkan telah menghafal Al-Qur’an sampai 12 Juz.Dan Bagaimana penerapan pembelajaran masa pandemic covid-19 dan masa normal. adalah melalui proses pendidikan dengan protokol kesehatan covid-19, selain itu juga memberikan pengetahuan tentang ilmu agama dan mengawal proses ibadah santri. Perkembangan Akhlaksantri di Pesantren Al-Anshor dapat dilihat pada aktivitas ibadah yang dilakukan. Ibadah yang dilakukan para santri adalah shalat fardu berjamaah, shalat dhuha, belajar dan membaca Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an dan Hadis, puasa sunnah, shalat tahajud dan zikir. Ibadah-ibadah tersebut dilaksanakan secara rutin pada setiap waktunya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Samad Umarella, M. Pd / Pembimbing II : La Adu, MA |
Uncontrolled Keywords: | Pondok Pesantren Covid-19 |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 01:32 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 01:32 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3931 |
Actions (login required)
View Item |