Pola Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam Pembentukan Karakter Mandiri pada Masa Pandemi Covid 19 di PAUD/RA Al-Hikmah Ambon

Goa, Asni (2022) Pola Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam Pembentukan Karakter Mandiri pada Masa Pandemi Covid 19 di PAUD/RA Al-Hikmah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga pendidikan anak usia dini yakni di PAUD AL-Hikmah Ambon. Setelah melakukan observasi awal, penulis melihat bahwa banyak anak yang belum mandiri walaupun sudah dibiasakan dengan kemandirian, kemudian ada guru yang merasa sulit dalam membimbing anak dalam hal kemandirian serta ada beberapa orang tua yang mengeluh dalam hal melatih kemandirian anaknya. Dan kebanyakan pembelajaran karakter yang dibiasakan di PAUD AL-Hikmah Ambon yakni kedisiplinan. Menginjak 3-6 tahun, dimana mereka telah mampu berkomunikasi dan telah memahami apa yang disampaikan oleh orang dewasa (orang tua) mereka, sebagai contoh film-film dari budaya barat yang tidak pantas dilihat anak-anak, dan masih banyak lagi bentuk yang lainnya yang memang pada kenyataanya film-film tersebut memberikan pembelajaran yang tidak baik. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisi data berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah dan 3 orang guru dan 12 orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan pola pendidikan Islam anak usia dini dalam membentuk karakter mandiri di PAUD/RA AL-Hikmah Ambon pada pandemik covid-19 yaitu yakni pola pendidikan demokrasi. Pola pendidikan demokrasi ini diterapkan secara baik bagi anak-anak.baik di dalam maupun di luar kelas. Faktor pendorong dalam membentuk karakter mandiri adalah motivasi dan niat sebagai guru kemudian ada modul-modul pilar karakter kemandirian, kemudian koordinasi guru dengan orang tua untuk membantu guru dalam membentuk karakter kemandirian peserta didik di rumah. Sedangkan faktor penghambat yang utama adalah kurangnya singkronisasi antara karakter mandiri yang diterapkan guru di sekolah PAUD dengan karakter mandiri yang diterapkan orang tua di rumah. Kedua yakni dimasa pandemi covid 19, pembelajaran lewat online, lewat VC atau youtube tidak dapat membuat anak-anak berkarakter, karena anak PAUD butuh contoh secara langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Djamila Lasaiba, MA / Pembimbing II : Dr. Maimunah, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 16 Nov 2023 03:19
Last Modified: 16 Nov 2023 03:19
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/3939

Actions (login required)

View Item View Item