Sakinah, Nur (2023) Pola Komunikasi Lintas Agama Melalui Interaksi Sosial di Pasar Mardika Kota Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Komunikasi menjadi salah satu unsur penting dalam interaksi sosial. Pasar mardika merupakan ruang publik bagi masyarakat kota Ambon yang datangdari kalangan manapun, sehingga di Pasar Mardika Kota Ambon juga terjadi Komunikasi Lintas Agama antar pelaku aktifitas di dalamnya. Maka dari itu pada penelitian ini, peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan tujuan: (1.)Untuk mengidentifikasi bagaimana peristiwa komunikasi lintas agama melalui interaksi sosial di Pasar Mardika. dan (2) Untuk mengetahui komponen komunikasi lintas agama melalui interaksi sosial di Pasar Mardika, dengan subjek pedagang muslim yang berinteraksi dengan pelanggan nonmuslim. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Di mana pengumpulan data dilakukan dengan cara: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada peristiwa komunikasi lintas agama melalui interaksi sosial di Pasar Mardika Kota Ambon terjalin melalui peristiwa komunikasi dengan: (1) Peristiwa Komunikasi Dengan Pemahaman Pluralisme Agama , (2) Peritiwa Komunikasi Personal baik Interpersonal maupun Intrapersonal, (3) Peristiwa Komunikasi Kelompok dan (4) Peristiwa Komunikasi Pendekatan Budaya. Dengan sebelas komponen yang terlibat di dalamnya yakni: (1) Komunikasi lintag agama yang melibatkan pluralism agama didalamnya, komunikasi personal, komunikasi kelompok dan komunikasi budaya, (2) Saling menghargai persaudaraan dengan identitas pela gandong, (3) Tujuan adalah saling berkomunikasi guna memenuhi kebutuhan hidup dan menciptakan kedekatan emosional lintas agama, (4)Setting tempat adalah pasar mardika kota Ambon, dengan waktu yang sesuai dengan operasional pasar, (5) Kunci komunikasi dengan pesan yang dituturkan sesuai dengan dialek Ambon, lantang namun tetap terkesan sopan, (6) Participant adalah pedagang muslin dan pedagang nonmuslim dan para pengguna pasar seperi pelancong dll, (7) Saluran adalah udara yang menjadi pengantar suara ke indera pendengar serta ruang public yakni pasar, (8) Pesan verbal berupa bahasa dan nonverbal berupa simbol-simbol harga barang, (9) Dengan urutan proses menjangkit pembeli, ketertarikan, tawar menawar, setuju atau tidak setuju, (10) Aturan saling memahami, menghargai dan menghormati ideology masing-masing, (11) Menggunakan nada bicara yang sopan dan mimik yang bersahabat sehingga tidak memunculkan kesan intimidasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Prof Dr. H. Sulaeman, M. Si / Pembimbing II : Darma, MM |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Lintas Agama |
Subjects: | Ilmu Komunikasi Komunikasi Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 02:50 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 02:50 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4000 |
Actions (login required)
View Item |