Implementasi Model Evaluasi CIPP Pada Program Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon

Maruapey, Nur Anisa (2020) Implementasi Model Evaluasi CIPP Pada Program Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program baca tulis al-Qur’an di Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah evaluasi program pembinaan baca tulis al-Qur’an (BTA) terhadap peserta/mahasantri pembinaan kelas B.5.4 dan B.5.5 yang berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Ambon. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evalausi konteks (context) sudah cukup baik, dikarenakan adanya dasar hukum pelaksanaan program pembinaan baca tulis al-Qur’an, kesesuaian latar belakang program dengan tujuan Ma’had al-Jami’ah IAIN Ambon, dan kesesuaian tujuan program pembinaan baca tulis al-Qur’an dengan kompetensi yang diharapkan. (2) Evaluasi masukan (input) sudah cukup baik, dikarenakan penyelenggara sudah berperan dengan baik, pengajar sudah berkompeten dan menguasai materi, kesesuaian materi pembinaan dengan kompetensi yang ingin dicapai, dan pengelolaan dana anggaran yang transparan. (3) Evaluasi proses (process) sudah cukup baik, dikarenakan telah adanya kesesuaian antara jadwal dengan proses pembinaan, kinerja penyelenggara dan pengajar yang sudah optimal, dan evaluasi yang dilakukan secara menyeluruh baik kepada peserta, pengajar maupun penyelenggaraan. (4) Evaluasi produk (product) masih kurang baik, dikarenakan dari sekian banyak peserta dalam kelas pembinaan B.5.4 dan B.5.5 belum diketahui secara pasti bagaimana kompetensi dari masing-masing peserta. Hal ini disebabkan seringnya ketidakhadiran mereka pada saat program pembinaan berlangsung. Adapun keberadaan 2 peserta pada kelas pembinaan B.5.4 dapat dikatakan belum memenuhi standar kelulusan yang baik. Sedangkan 1 diantaranya dan 2 peserta dari kelas B.5.5 sudah dapat dikatakan layak untuk naik ke kelas A.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Hj. St. Jumaeda, M. Pd. I / Pembimbing II : Saida Manilet, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al-Quran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 15 Jun 2020 00:26
Last Modified: 15 Jun 2020 00:26
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item