Sarliana, Sarliana (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kedisiplinan Salat Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Masohi. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penulisan tesis ini berawal dari kurangnya pengamalan ibadah salat peserta didik di SMA Muhammadiyah Masohi yang pengaplikasiannya di sekolah masih belum maksimal karena beberapa faktor di antaranya, kurangnya pengawasan yang ketat dan sanksi yang kurang tegas kepada peserta didik yang tidak disiplin dalam melaksanakan salat secara berjamaah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian field research yaitu peneliti langsung datang ke tempat penelitian yang berlokasi di SMA Muhammadiyah Masohi, melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi data. Hasil menelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam membina kedisiplinan peserta didik dalam menjalankan salat di SMA Muhammadiyah Masohi dengan cara menumbuhkan kesadaran tata tertib salat berjamaah, memberi contoh dan pengawasan, memberi teguran, nasihat dan sanksi. Kesadaran peserta didik terhadap disiplin salat berjamaah dilakukan melalui pemberian motivasi dengan menjelaskan keutamaan dan pahala di dalam salat berjamaah. Dalam hal ini guru pendidikan agama Islam memberikan nasihat, teguran dan sanksi terhadap peserta didik yang tidak melaksanakan salat berjamaah, memanggil peserta didik yang tidak mengikuti salat berjamaah, dan memberi nasihat kepadanya. Sanksi yang diberikan tidak berupa sanksi fisik, tetapi berupa penilaian sikap dan perilaku yang tercantum di dalam laporan pendidikan. Faktor pendukung peran guru pendidikan agama Islam dalam membina kedisiplinan peserta didik dalam menjalankan salat di SMA Muhammadiah Masohi adalah tersedianya fasilitas sekolah dalam melaksanakan salat dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya, ketetersediaan guru pendidikan agama Islam yang sudah memadai dan adanya kesadaran pada peserta didik tentang keutamaan dan pentingnya kedisiplinanan dalam menjalankan salat secara berjamaah. Faktor penghambat, kurangnya pengawasan dan kontrol dari guru, penerapan sanksi yang belum maksimal dan faktor internal dan eksternal dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Muhajir Abd. Rahman, M. Pd. I / Pembimbing II : Dr. Husni Suruali, M. Ag |
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI Ibadah |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 01:22 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 01:22 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4031 |
Actions (login required)
View Item |