Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Lingkup SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur

Derlean, Ishak (2023) Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Lingkup SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ISHAK DERLEAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana bentuk implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur, bagaimana implikasi pembelajaran PAI dalam mewujudkan moderasi beragama di SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur. Tipe penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan analisis kualitatif. Adapun lokasi penelitian berada di SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur. Waktupenelitian dilakukan dari tanggal 16 Februari sampai dengan 16 Maret 2023. Analisis data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1. Bentuk nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur ialah moderat (tawassuth), toleransi (tasammuh), adil (i‟tidal), seimbang (tawazzun), jujur (shidiq) yang implikasinya di SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur tercermin pada sikap sosial, toleran. 2. Implikasinya berdampak positif dalam mewujudkan moderasi beragama di SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur melalui pembelajaran PAI karena ouput dari pembelajaran tentunya berpengaruh kepada sikap yang terbangun didiri setiap peserta didik memiliki sikap religius dan sikap sosial yang sangat baik seperti, taat ibadah, menghormati orang lain, menjalin keakraban, memiliki kepedulian sosial, memiliki jiwa nasionalis, toleran, serta taat pada aturan. 3. Faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 4 Seram Bagian Timur Kecamatan Pulau Gorom Kabupaten Seram Bagian Timur, dilihat dari; a. faktor pendukung diantaranya; 1). Adanya kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan kurikulum, 2). Lingkungan sosial sekolah yang kondusif yang memungkinkan terhalinya komunikasi dengna baik antar warga sekolah, dan 3). Seluruh komponen sekolah saling mendukung terwujudnya toleransi beragama di sekolah meski sekolah banyak dari para peserta didik yang multikultural. b. Faktor penghambat diantaranya; 1). Adaptasi peserta didik pada awal masuk sekolah karena peserta didik masing-masing memiliki kultur suku dan ras yang berbeda sehingga komunikasi peserta didik awal masuk sekolah mejadi canggung dan gugup dalam berkomunikasi, dan 2). Keragaman peserta didik dari suku dan latar belakang yang berbeda sehingga kadangkala memunculkan rasa saling mengejek dan hal-hal yang dapat merusakan hubungan sosial antar peserta didik berdasarkan suku, ras meskipunkecilkemungkinannya.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Dr. H. Hasbollah Toisuta, M.Ag / Dr. Abdullah Latuapo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Pendidikan PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 06 Dec 2023 23:10
Last Modified: 06 Dec 2023 23:10
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item