Implementasi Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Hilal Tamilouw

Kurdin, Rahima (2023) Implementasi Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Hilal Tamilouw. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Profesionalisme guru merupakan kemampuan guru dalam menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam pada setiap individu, olehnya itu, dalam rangka mengimplementasikan kompotensi profesionalme guru untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa, guru dapat menyesuaikan diri dengan siswa dalam pola model pembelajaran yang tepat untuk disampaikan sehingga siswa benar-benar mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan dengan menggunakan data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Apapun teknik analisis data yang menggunakan data observasi, informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas VIII dan guru pendidikan. Agama Islam serta melalui observasi dan pencatatan hasil, teknik analisis data; pengumpulan data, pemadatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Implementasi profesionalisme guru di MTs Al-Hilal Tamilouw, menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diajarkan, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diajarkan, mengembangkan materi pembelajaran yang diajarkan secara kreatif dan mengembangkan profesionalisme berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Sedangkan pelaksanaan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Hilal Tamilouw, sudah mulai baik berdasarkan hasil KKM yaitu 70, namun belum semuanya baik, misalnya; siswa belum memahami materi tentang iman kepada kitab Allah, belum memahami tentang kitab Allah yang menjadi pedoman bagi manusia di dunia dan akhirat, belum memahami materi sholat sunnah berjamaah, memahami materi sholat sunnah munfarid, memahami materi sholat sunnah berjamaah munfarid, memahami materi sujud tajwid, memahami materi sujud sahwi, memahami materi puasa wajib, memahami materi puasa sunnah, belum memahami materi daulah Umaya di Damaskus dan pengembangan ilmu pengetahuan untuk daulah umaya dan tidak memahami materi terkait penjelasan pertumbuhan budaya daulah umaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhajir Abd. Rahman, M.Pd. I / Pembimbing II : Dr. Arman Man Arfa, M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:57
Last Modified: 14 Dec 2023 01:57
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4141

Actions (login required)

View Item View Item