Implementasi Strategi Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Gerak Tubuh Manusia Kelas XI di MA Nurul Iklas Ambon

La Wele, Nila Sari (2023) Implementasi Strategi Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Gerak Tubuh Manusia Kelas XI di MA Nurul Iklas Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
NILA SARI LA WELE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Strategi dalam pembelajaran tidak hanya untuk memudahkan dalam proses pembelajaran tetapi juga untuk membangun motivasi belajar, keceriaan, kesenangan dan juga kenyamanan untuk peserta didik. Ada berbagai Strategi yang dapat digunakan oleh guru diantaranya ialah strategi tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa khususnya dalam pelajaran biologi. Tutor sebaya merupakan salah satu dari Strategi pembelajaran berbasis active learning yang memberikan kesempatan dan mendorong pada peserta didik mempelajari sesuatu dengan baik, dan pada waktu yang sama ia menjadi narasumber bagi yang lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan (mixed methods) yang terdiri dari penelitian kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 07 Desember 2022 sampai dengan 07 Januari 2023 dengan subjek penelitian yakni siswa kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon yang berjumlah 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu tes, wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitain menunjukan bahwa Implementasi strategi tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik materi sistem gerak tubuh manusia di kelas XI MA Nurul Ikhlas Ambon dapatkan dikatakan sudah berjalan dengan baik, diantaranya adalah guru disini sebagai pengawas, mengawasi jalannya pembelajaran terprogram, membantu mengatur kelompok, membantu menyelesaikan kesulitan peserta didik, menentukan tutor sesuai dengan syarat-syaratnya, dan menyiapkan tutor dalam hal ini guru menyiapkan seorang tutor agar dapat bekerja secara optimal. Hasil belajar kognitif peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran melalui strategi tutor sebaya dengan materi sistem gerak tubuh manusia diperoleh peserta didik dengan kategori sangat baik sebesar 10% (1 orang peserta didik), kategori baik sebesar 80% (8 orang peserta didik) dan kategori cukup sebesar 10% (1 orang peserta didik) dengan persentase ketuntasan sebesar 100% dan nilai rata-rata kelas sebesar 79,00 berada pada kategorik baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Janaba Renngiwur, M.Pd. / Nana Ronawan Rambe, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Tutor Sebaya, Hasil Belajar Kognitif.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Dec 2023 00:33
Last Modified: 15 Dec 2023 00:33
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4155

Actions (login required)

View Item View Item