Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Religius Pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Limboro dan MA Arrahman Limboro Kec. Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat

Baharuddin, Irfan (2023) Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Religius Pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Limboro dan MA Arrahman Limboro Kec. Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I. III. V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
IRFAN BAHARUDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini yaitu: Bagaimana Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Religius pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Limboro dan MA Arrahman Limboro Kec. Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat, Apa dampak positif Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Religius pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Limboro dan MA Arrahman Limboro Kec. Huamual Kabupaten Seram Bagian Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Religius pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Limboro dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kepala sekolah menginstruksikan kepada semua guru terkhusus guru Pendidikan Agama Islam agar dalam memberikan materi kepada peserta didik bukan hanya memberikan teori, tetapi harus dipraktekan Agar antara teori dan praktek bisa sejalan, di MA Arrahman Limboro implementasi materi Pendidikan Agama Islam lebih menekankan pada membiasakan membaca do’a sebelum seluruh kegiatan pembelajaran di mulai, membaca al-Quran dan membudayakan 3S (Salam, Sapa, dan Senyum), Dampak positif dari implementasi dalam membentuk sikap religius di SMA Muhammadiyah dapat terlihat dari peserta didik mampu mengamalkan materi yang dapat di disekolah dalam kehidupan sehari-hari seperti sudah memiliki rasa cinta kepada Allah SWT, jujur, suka menolong, patuh melaksanakan tugas-tugas dan hormat kepada guru sementara dampak positif yang di rasakan di MA Ar-Rahman Limboro perubahan sikap pada peserta didik seperti memilik sikap jujur, disiplin, sopan santun, empati dan taat kepada guru serta mengikuti semua apa yang sudah menjadi peraturan di sekolah, Faktor pengahambat di SMA Muhammadiyah Limboro yaitu meliputi faktor internal dan ekstenal, dimana yang menjadi faktor internal adalah kurangnya kemauan dalam diri peserta didik dan peserta didik yang sulit diatur, sementara faktor ekternal yaitu kurangnya perhatian dari orang tua dan lingkungan dan pergaulan peserta didik yang kurang mendukung dan di MA Ar-Rahman Limboro yaitu tidak adanya pengawasan peserta didik di luar sekalah, faktor lingkungan luar yang kurang mendukung dan kurangnya kelengkapan fasilitas pendukung yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Prof. Dr. La Jamaa, M.HI. / Dr. Muhajir Abd Rahman, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Sikap Religius, Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: La Iba
Date Deposited: 15 Dec 2023 01:24
Last Modified: 15 Dec 2023 01:24
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item