Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X di MA Al-Anshor Ambon

Aziza, Wafiq (2023) Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X di MA Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Menghafal al-Qur’an merupakan bentuk pembinaan generasi Islam dari dampak negatif globalisasi yang mengancam perilaku sebagian pemuda. Karena dengan menghafal al-Qur’an adalah upaya mendekatkan diri kepada Allah Swt dan sebagai perlindungan akhir zaman. Sistem pembelajar di MA Al-Anshor Ambon ini adalah sistem pembelajaran pondok pesantren yang dimana peserta didiknya tinggal di sekolah berasrama dan melakukan segala kegiatan di sekolah tersebut selama 24 jam. Pondok pesantren MA Al-Anshor Ambon memiliki visi misi menciptakan peserta didiknya yang penghafal al-Qur’an. Peneliti juga melihat bahwa peserta didik dalam menghafal al-Qur’an ada beberapa yang memiliki hafalan yang banyak dan juga beberapa peserta didik yang memiliki hafalan al-Qur’an yang sedikit padahal dalam 1 lingkungan asrama sekolah yang sama. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui upaya-upaya guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal al-Qur’an peserta didik kelas X di MA Al-Anshor Ambon (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal al-Qur’an peserta didik kelas X di MATQ Al-Anshor Ambon. Tipe yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sejak 3 April sampai 3 Mei 2023. Adapun lokasi penelitian yaitu: MATQ Al-Anshor Ambon jl. Imam Al-Ghazali air besar RT 004 RW 17 dengan mengambil subjek penelitian menggunakan probability sampling secara simple random sampling, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal al-Qur’an peserta didik kelas X di MATQ Al-Anshor Ambon, adalah yang pertama meningkatkan motivasi menghafal al-Qur’an peserta didik, yang kedua peka terhadap kondisi peserta didik, yang ketiga membuat aktivitas belajar menjadi menyenangkan, yang keempat memberikan pujian yang wajar, yang kelima memberikan komentar terhadap hasil kerja peserta didik, yang keenam menggunakan variasi metode yang menarik, yang ketujuh menciptakan persaingan dan kerja sama. Kemudian faktor pendukung dan penghambat guru tahfidz dalam meningkatakan motivasi menghafal al-Qur’an an di MATQ Al-Anshor Ambon, faktor pendukung antara lain: Minat belajar peserta didik dan kesiapan belajar peserta didik, kemudian faktor penghambat antara lain: kurang baik kesehatan peserta didik, kurang baik psikologis peserta didik, dan merasa jenuh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Muhajir Abdurahman, M. Pd. I d/ Pembimbing II : Hilaluddin Hanafi, MA
Uncontrolled Keywords: Guru Tahfidz Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an
Al-Qur'an

Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:08
Last Modified: 09 Jan 2024 01:08
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4199

Actions (login required)

View Item View Item