Hubungan Toleransi Beragama dengan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 1 Buano Selatan

Toha, Yulia (2023) Hubungan Toleransi Beragama dengan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 1 Buano Selatan. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Toleransi beragama merupakan sikap saling menghormati, menghargai perbedaan, suku, agama, ras, budaya, bahkan pendapat. Toleransi beragama mampu menciptakan kondisi sekolah yang aman dan nyaman sehingga memungkinkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi sendiri memiliki peran penting dalam pembelajaran. Tanpa motivasi siswa akan kehilangan semangat untuk belajar mudah bosan, dan sulit untuk berkonsentrasi. Penelitian inu bertujuan untuk mengetahui hubungan toleransi beragama dengan motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 1 Buano Selatan Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Buano Selatan kelas VI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, di mana Penelitian ini di lakukan selama 1 bulan yaitu dari tanggal 3 April sampai 3 Mei 2023 serta sampel yang digunakan adalah sampel populasi atau sampling jenuh sebanyak 29 siswa kelas VI, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik nonparametrik dengan menggunakan rumus korelasi sperman rank. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan IBM SPSS diperoleh nilai koefisien korelasi (rho) sebesar 0,506 apabila diinterpretasikan memiliki hubungan yang cukup kuat. Nilai signifikasi Sig (2-tailed) yaitu: 0,005. Dengan demikian karena Sig (2-tailed) 0,005 < 0.05 maka diketahui terdapat hubungan antara toleransi beragama dengan motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 1 Buano Selatan. Faktor yang mempengaruhi hubungan toleransi beragama dengan motivasi belajar adalah pengaruh orang tua. Hal ini terbukti pada hasil pengisian angket pada pernyataan No dan 12 “ Saya tidak mengizinkan teman yang berbeda agama belajar kelompok dirumah saya” pada pernyatan tersebut sebanyak 18 siswa tidak mengizinkan teman yang berbeda kelompok belajar di rumah. Hal ini mungkin saja diakibatkan oleh bagaimana peran orang tua dalam menanamkan nilai nilai toleransi kepada anak di rumah. Selain toleransi beragama terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar seperti berdasarkan hasil angket yaitu, guru, lingkungan (teman sebaya) dan keluarga (orang tua).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. Abidin Wakano, M. Ag. / Pembimbing II : Eko Wahyunanto Prihono, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:38
Last Modified: 11 Jan 2024 02:38
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4208

Actions (login required)

View Item View Item