Kakat, Siti Bidasari (2023) Strategi Guru SKI dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI Di MA Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (4MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru SKI dalam mrningkatkan minat belajart siswa kelas XI di MA Al-Anshor Ambon dan strategi pembelajaran yang digunakan guru SKI dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif. Dimulai dari tanggal 12 Juli sampai dengan 12 Agustus 2023. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Al-Anshor Ambon yang beralamat di Jalan. Imam Al-Gazali Air Besar Batu Merah RT 04 dan RW 017. Subjek penelitian yaitu 8 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakamad kurikulum, 1 guru mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam dan 5 orang siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisi dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan strategi yang digunakan guru SKI dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu a). Peka terhadap kondisi dan psikis siswa yang di mana guru SKI sebelum memulai proses pembelajaran guru dapat mengetahui psikis dan kondisi siswa dengan menanyakan kabar siswa, b). Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan cara guru dapat mengelolanya dengan baik. c). Menggunakan metode belajar yang interaktif yang digunakan guru SKI adalah metode diskusi, d). Memberikan motivasi kepada siswa sebelum memulai proses pembelajaran yang digunakan guru SKI sebelum memulai proses pembelajaran guru dapat memberi motivasi atau nasehat kepada siswa agar mereka termotivasi dan bersemangat untuk belajar, e). Memaksimalkan media pembelajaran seperti yang sudah dibuatkan dalam perencanaan pembelajaran namun guru SKI kadang tidak menggunakan media karena keterbatasn media di sekolah tersebut. Sedangkan faktor yang menghamabat guru SKI dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu a). Melaksanakan pembelajaran tidak sesuai perencanaan pembelajaran karena kurangnya persediaan media pembelajaran seperti LCD/Infokus dan kurangnya persediaan buku paket, LKS, untuk siswa sehingga dapat menghambat guru SKI alam pembelajaran, b). Guru tidak memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk merespon materi pelajaran secara aktif sehingga dapat menghambat guru SKI dalam meningkatkan minat belajar siswa karena tidak mengetahui apa yang dipahami siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Hj. St. Jumaeda, M. Pd. I. / Pembimbing II : Mokshin Kaliky, M. Pd. I. |
Uncontrolled Keywords: | Belajar dan Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 00:46 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 00:46 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4276 |
Actions (login required)
View Item |