Pengembangan LKS Berbasis Etnosains Pada Materi Kelangsungan Hidup Organisme di Kelas IX SMP Negeri 3 Pulau Gorom

Manaban, Sutriyani (2020) Pengembangan LKS Berbasis Etnosains Pada Materi Kelangsungan Hidup Organisme di Kelas IX SMP Negeri 3 Pulau Gorom. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan LKS berbasis etnosains pada materi kelangsungan hidup organisme di Kelas IX SMP Negeri 3 Pulau Gorom dan untuk mengetahui kualitas (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) LKS berbasis etnosains tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D (Research and Development) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara statistik deskriptif, meliputi: Analisis Data Kevalidan LKS, Analisis Data Kepraktisan LKS dan Analisis Data Keefektifan LKS. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan, bertempat di SMP Negeri 3 Pulau Gorom Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. Berdasarkan analisis hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa proses pengembangan LKS berbasis etnosains pada materi kelangsungan hidup organisme di Kelas IX SMP Negeri 3 Pulau Gorom dilakukan melalui model pengembangan Dick and Carry, yang terdiri dari 4 tahap, yakni dimulai dari tahap Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery dan Evaluations. Kualitas (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) LKS berbasis etnosains pada materi kelangsungan hidup organisme di Kelas IX SMP Negeri 3 Pulau Gorom berdasarkan analisis kevalidan berada pada kriteria valid dengan nilai rata-rata semua aspek 4,2. Analisis kepraktisan LKS yang dikembangkan berada pada kriteria terlaksana dengan baik, dengan nilai rata-rata semua aspek adalah 4,2. Sedangkan hasil analisis keefektifan LKS yang ditunjukkan dengan hasil tes belajar siswa berada pada kriteria cukup baik mencapai nilai rata-rata 73, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal adalah 79%. Siswa juga memberikan respon positif terhadap LKS yang dikembangkan. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Hj. Cornelia Pary, M. Pd / Pembimbing II : Janaba Renggiwur, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kelangsungan Hidup Organisme
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 03 Jul 2020 01:47
Last Modified: 03 Jul 2020 01:47
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item