Rumalean, Siti Hardiyanti (2023) Korelasi Model Problem Solving Berbasis Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Materi Teknologi Ramah Lingkungan Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model problem solving berbasis gallery walk. Dalam model pembelajaran problem solving ini, tujuan gallery walk adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat lima tahapan pembelajaran dalam model problem solving berbasis gallery walk. Langkah pertama adalah mengenalkan siswa pada masalah dengan memberi mereka masalah untuk dikerjakan. Langkah kedua adalah mengatur siswa untuk belajar. Langkah ketiga adalah membimbing penyelidikan kelompok. Langkah keempat adalah pengembangan dan pameran karya di galeri. Langkah kelima adalah proses analisis dan evaluasi pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) korelasi model problem solving berbasis gallery walk terhadap hasil belajar materi Teknologi Ramah Lingkungan siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Ambon, 2) seberapa besar korelasi model problem solving berbasis gallery walk terhadap hasil belajar materi Teknologi Ramah Lingkungan siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Ambon. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian terdiri atas hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Pearson Product Moment. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat korelasi model problem solving berbasis gallery walk terhadap hasil belajar materi Teknologi Ramah Lingkungan siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Ambon, dan 2) Berdasarkan hasil analisis statistik uji Pearson Product Moment, yang mana nilai rxy = 0.435 > rtabel (0.05) = 0.422, dan nilai koefisien korelasi diperoleh nilai 0.435, dimana nilai ini berada pada 0.41 s/d 0.60, yang artinya model problem solving berbasis gallery walk dengan hasil belajar berkorelasi sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Surati, M. Pd / Pembimbing II : Dr. M. Faqih Seknun, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Teknologi Ramah Lingkungan |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 21 May 2024 00:21 |
Last Modified: | 21 May 2024 00:21 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4342 |
Actions (login required)
View Item |