Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IA di MA TQ. Al-Anshor Ambon

Siompu, Wahyuni (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI IA di MA TQ. Al-Anshor Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dari hasil observasi penelitian pada MA Tq Al-Anshor Ambon ditemukan permasalahan di kelas XI MIA yaitu hasil belajar yang masih rendah. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran yang kurang optimal dimana siswa masih banyak yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran belum termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan kurangnya interaksi antara guru. Dalam penggunaan model pembelajaran masih belum optimal sehingga menyebabkan hasil belajar masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Pada Materi Str3uktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI MIA di MA TQ. Al-Anshor Ambon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran time token pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas XI MIA di MA TQ. Al-Anshor Ambon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model time token yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan jumlah 19 siswa kelas XI MIA di MA Tq Al-Anshor Ambon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi, teknik analisis data menggunakan analisis lembar tes dan analisis lembar observasi. Pra siklus hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal 42,10%. Aktivitas guru siklus I mendapat skor 1,66 kategori kurang,dengan jumlah persentase sebesar 41,66% dan pada siklus II mendapatkan skor 4 kategori baik sekali, dengan persentase sebesar 100%. Hasil obesevasi siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,16 masuk dalam kategori kurang, dengan persentase 54,16% sedangkan pada siklus II mendapat skor rata-rata 4,00 dengan kategori baik sekali, dengan persentase 100%. Hasil belajar klasikal siswa siklus I mencapai ketuntasan belajar klasikal 52,63% (kategori kurang), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar klasikan mencapai 89,47% (kategori baik sekali). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model time token dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIA di MA Tq Al-Anshor Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Corneli Pary, M. Pd / Pembimbing II : Dr. Sarty Imkari, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Time Token, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:11
Last Modified: 03 Jun 2024 02:11
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item