Rowis, Rowis (2024) Implementasi Literasi Al-Qur’an dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Problematikanya bagi peserta didik di Man 1 Buton Sulawesi Tenggara. Skripsi thesis, IAIN Ambon.
Text
BAB I, III, V.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL THESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Literasi dalam konteks pendidikan memiliki makna sebuah kemampuan mengembangkan informasi maupun keterampilan yang ada melalui kelembagaan atau sekolah. Literasi dapat dibentuk melalui pembelajaran, penguasaan informasi pelatihan keterampilan, membaca, berpikir, memahami, menulis kembali ide dan gagasan yang ada mengevaluasi dengan analisis yang dilakukan secara berulang-ulang. Ternyata dalam implementasinya masih banyak terdapat peserta didik yang masih minim sekali terhadap literasi Al-Qur’an. Selanjutnya peneliti merumuskan menjadi dua submasalah yaitu, Bagaimana Implementasi Literasi Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Problematikanya bagi peserta didik Di Man 1 Buton Sulawesi Tenggara, Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat Implementasi Literasi Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Problematikanya bagi peserta didik Di Man 1 Buton Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Literasi Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Problematikanya Bagi Peserta didik Di Man 1 Buton Sulawesi Tenggara, Untuk menganalisa faktor-faktor pendukung dan penghambat Bagaimana Implementasi Literasi Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Problematikanya Bagi Peserta didik Di Man 1 Buton Sulawesi Tenggara. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 09 Januari 2024 sampai dengan tanggal 09 Februari 2024. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif kualitatif. data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi Al-Qur’an di Man 1 Buton yang memiliki beberapa kegiatan. memberikan pengajaran, mendirikan rumah tahfidz Al-Qur’an, memotivasi, penyaluran minat dan bakat yaitu berupa menghafalan Al-Qur’an, faktor pendukung bagi peserta didik: faktor keluarga yang menjadi semangat mereka, Faktor guru PAI yang tegas dalam menerapkan program-program literasi Al-Qur’an bagi peserta didik. Sedangkan faktor penghambat bagi peserta didik yaitu masih minimnya perserta didik dalam memahami hukum tajwid. Sedangkan faktor pendukung bagi guru yakni niat yang tulus dalam memberikan materi. Serta faktor penghambat bagi guru yakni salah satunya adalah peserta didik masih banyak yang bermain hanphone sehingga ini akan menimbulkan kemalasan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Pembimbing: | Pembimbing I : Dr. Muhajir Abd. Rahman, M. Pd. I / Pembimbing II : Dr. H. Rajab, M, Ag |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Al-Qur’an, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Al-Qur'an Al-Qur'an Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Febriani |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 02:26 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 02:26 |
URI: | http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4365 |
Actions (login required)
View Item |