Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum PAI di MAN 2 Maluku Tengah

Maryani, Wa (2024) Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum PAI di MAN 2 Maluku Tengah. Tesis thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Untuk mewujudkan suatu keberhasilan pendidikan, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan kurikulum. Karena kurikulum merupakan instrumen kunci dalam menentukan arah pendidikan dan hal yang wajib dikembangkan untuk kemajuan pendidikan. Sukses tidaknya sebuah pendidikan sangat dipengaruhi oleh kurikulum yang ada. Adapun peran yang sangat dominan adalah peran kepala madrasah dan merupakan kunci utama keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan. Dalam hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga yakni MAN 2 Maluku Tengah sebagai objek penelitian dengan waktu penelitian 1 bulan terhitung tanggal 15 Januari 2024__15 Februari 2024. Fokus penelitian ini adalah (1) Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum PAI di MAN 2 Maluku Tengah, (2) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam pengembangan kurikulum PAI di MAN 2 Maluku Tengah. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. sedangkan pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif melalui tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum PAI meliputi: (a) kepala madrasah melakukan strategi kerjasama, (b) melakukan perencanaan pengembangan kurikulum sesuai visi misi, (c) Melakukan pembagian tugas setiap kegiatan (d) melaksanakan kegiatan pelatihan pengembangan kurikulum (e) melakukan pengawasan dan evalusai setiap selesai melakukan kegiatan. (2) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam pengembangan kurikulum PAI dengan melakukan pengawasan melalui kunjungan kelas, melakukan pembinaan secara individual, melakukan koordinasi melalui pemberian wewenang kepada guru senior untuk membantu kegiatan supervisi, memberikan pembinaan kepada guru terkait permasalahan yang dihadapi oleh guru, dan melakukan tindak lanjut melalui kegiatan evaluasi serta pelatihan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Dr. M. Faqif Seknun, M. Pd. I / Pembimbing II : Dr. Nursaid, S. Ag., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:58
Last Modified: 01 Jul 2024 01:58
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4381

Actions (login required)

View Item View Item