Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon

Naipon, Nasira (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat menolong siswa untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan pada pada era globalisasi saat ini. Sedangkan Literasi sains merupakan bentuk pengetahuan dan kecakapan ilmiah yang dimiliki oleh seseorang untuk mengidentifikasi suatu pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasarkan fakta, memahami karakteristik sains, kesadaran atau melek akan sains dan teknologi dalam membentuk lingkungan alam, intelektual dan budaya serta kemauan untuk terlibat dan peduli terhadap isu-isu yang terkait sains. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahuai pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang bersi-fat deduktif, dimana untuk menjawab rumusan digunakan konsep atau teori se-hingga dapat dirumuskan hipotesis. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon yang berjumlah 15 orang. Adapun variabel dalam penelitian ini yakni variabel Independent (X) yakni model pembelajaran problem based learning sedangkan variabel dependent (Y) adalah kemampuan literasi sains siswa dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi sistem pernapasan manusia kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji t-test diperoleh nilai Sig < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 (dengan taraf 5%). Maka, hipotesis alternative (H1) diterima dan Hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya model problem based learning dapat mempengaruhi kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Al-Wathan Ambon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing I : Janaba Renngiwur, M. Pd / Pembimbing II : Laila Sahubauwa, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning, Literasi Sains
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:27
Last Modified: 17 Jul 2024 05:27
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4404

Actions (login required)

View Item View Item