Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Al-Hilal Ambon

Siompo, La Tamsir (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Al-Hilal Ambon. Skripsi thesis, IAIN Ambon.

[img] Text
BAB I, III, V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data dan turun langsung kelapangan, yang menunjukkan pentingnya kedalaman dan detail suatu data yang diteliti Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Waktu penelitian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 30 Oktober 2023 sampai dengan 16 November 2023. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tindakan dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, yaitu dilakukan tindakan yang berupa respon yang diambil dari kepala sekolah berhubungan dengan kebijakan menteri terkait implementasi kurikulum merdeka belajar dengan melakukan tahap rapat dengan yang dilakukan melibatkan seluruh guru bidang studi yang ada di sekolah. 2) Aktivitas dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, aktivitas dalam pelaksanaan kurikulum merdeka belajar dengan melaksanakan kegiatan berupa pelatihan oleh fasilator, untuk melatih guru dalam penyusunan capaian pembelajaran (CP) yang nantinya akan menjabarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). 3) Pelaksanaan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, pelaksanaan merupakan suatu rencana yang sudah tersusun sejak mulai kebijakan ini di terbitkan, oleh sebab itu penerapanya belum efektif atau karena kurangnya sarana buku yang menunjang belajar mengajar di sekolah. 4) Faktor pendukung motivasi ini merupakan hal yang sangat penting terutama dalam era merdeka belajar saat ini, siswa juga membutuhkan yang namanya motivasi dari gurunya dalam mengikuti proses pembelajaran. 5) Faktor penghambat sarana prasarana merupakan suatu hal yang paling dibutuhkan terutama buku-buku yang menunjang pembelajaran mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Dengan demikian, Dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar pada SMAS Al-Hilal Ambon harus perlu di tingkatkan untuk mencapai hasil yang di inginkan bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Pembimbing: Pembimbing : Elfridawati M. Sahrawi Saimima, M. Pd. I / Pembimbing : La Sugi, MPA
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: IAIN Ambon > Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Berdasarkan Subyek > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Febriani
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:38
Last Modified: 26 Jul 2024 06:38
URI: http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/4436

Actions (login required)

View Item View Item